Artikel

Favorit

MARI KITA MENGENAL CORRUPTION RISK ASSESSMENT (CRA)

Pemetaan korupsi itu ibarat kita menjadi seorang dokter spesialis, yang harus bisa mendeteksi dan membaca secara detail instrumen-instrumen pemeriksaan kesehatan, begitu juga dengan CRA Corruption Risk Assessment, bagaimana menghilangkan korupsi sampai akar-akarnya, oleh karena itu kita harus melakukan CRA secara detail, baik terhadap korupsi yang sudah terjadi atau belum, ketika kita menyusun CRA maka kita harus bisa mengimplementasi risiko-risiko apa yang akan muncul, progress report setelah dilakukan evaluasi berkala, identifikasi resiko terhadap terjadinya korupsi, menilai inheren risk (risiko yang melekat kepada tahapan atau fungsi bisnis atau pada risk owner), identifikasi residual risk atau risiko yang terjadi setelah dilakukan pengendalian dan pencegahan setelah itu selanjutnya rumuskan rencana awal mitigasi risk corruption.

Baca →
Favorit

Menjadi Programmer Tidaklah Sulit

Banyak orang mengira bahwa menjadi programmer adalah hal yang sulit. Padahal pada kenyataannya tidak begitu. Programmer pada umumnya bekerja sesuai dengan referensi yang mereka temukan kemudian mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Pengetahuan yang mereka dapatkan ketika belajar memudahkan mereka untuk menulis ulang dan mengubahnya menjadi versi mereka sendiri. Ada beberapa versi programmer dalam menulis kode program yaitu:

Baca →
Favorit

Mengelola Bisnis dengan WhatsApp Business

WhatsApp adalah aplikasi chat yang sangat populer. Berdasarkan data pada bulan Desember 2020, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 miliar. Terlepas dari berbagai isu keamanan, WhatsApp tetaplah menjadi pilihan utama untuk sebagian besar orang. WhatsApp memang memiliki fitur-fitur yang memudahkan kita untuk berkomunikasi dan mudah digunakan sehingga banyak orang yang tertarik. Setelah WhatsApp di akuisisi oleh Facebook, WhatsApp berkembang pesat dengan menghadirkan berbagai fitur menarik salah satunya adalah WhatsApp Business.

Baca →
Favorit

KENALI DAN LIMITASI STUNTING SEKARANG JUGA

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Baca →
Favorit

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Masyarakat sedang mengalami masa-masa sulit, penurunan pendapatan, bahkan harus kehilangan mata pencaharian. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengharuskan masyarakat melakukan aktivitas terbatas di luar rumah hanya untuk keperluan yang mendesak. Tetapi, bagi sebagian orang khususnya pekerja sektor informal, himbauan tersebut kerap tidak dipatuhi karena kebutuhan untuk hidup harus tetap terpenuhi. Mereka tidak memiliki pilihan untuk diam di rumah tanpa melakukan pekerjaan. Hasil Susenas Maret 2019 menunjukkan ±12,15 juta orang penduduk hampir miskin yang bekerja di sektor informal.

Baca →
Favorit

PENGENDALIAN MENDUKUNG TERWUJUDNYA PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA

Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Peranannya akan lebih besar dan bersifat menentukan manakala kegiatan-kegiatan jasa di masyarakat itu terdapat kompetisi dalam usaha merebut pasar dan pelanggan.

Baca →
Favorit

Pemrograman PHP dengan framework vs native, mana yang lebih baik?

Banyak pertanyaan yang penulis jumpai di forum programmer maupun disosial media terkait menggunakan PHP native atau menggunakan framework dalam membuat aplikasi atau website. Biasanya pertanyaan ini sering diajukan oleh programmer pemula, tetapi bahkan programmer yang telah lama berkecimpung didunia pemrogramman pun masih banyak yang bingung mengenai hal ini.

Baca →
Favorit

Pilar Smart City dan Komponen Pendukungnya

Saat ini kita mamasuki era globalisasi dan digital, dimana penggunaan dan transaksi data digital menjadi bagian yang tidak lepas dari aktivitas kita sehari-hari. Kondisi ini berdampak bagi stake holder yang menyelenggarakan pelayanan publik untuk dituntut agar memberikan pelayanan yang lebih cepat, tepat dan akurat, mengingat derasnya pertukaran arus informasi dan berita yang terjadi. Masyarakat sekarang merupakan masyarakat yang membutuhkan informasi dimana ruang dan waktu bukanlah hambatan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, para penyelenggara pelayanan publik baik dari unsur pemerintahan maupun swasta dipacu untuk dapat mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat secara luas. Terlebih lagi bagi unsur pemerintah, kondisi ini tentunya menjadi trigger untuk beradaptasi dengan cepat dalam memberikan pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Baca →
Link Pemerintahan


Link Lainnya