Videotron Pertama Kabupaten Tegal Resmi Dilaunching


Diposting pada 25 May 2022, 15:19 Oleh IP


Slawi - Bupati Tegal Umi Azizah menghadiri peresmian media layanan Informasi publik berupa Videotron di Kota Slawi, tepatnya di Simpang PLN, hasil kerjasama antara Pemkab Tegal dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Selasa (24/5/2022).

Acara peresmian secara simbolis ditandai dengan menekan tombol remote oleh Deputi VII Bidang Kordinator Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kementrian Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Marsekal Muda TNI Arif Mustofa. Bupati Tegal Umi Azizah dan CEO Digital Antara Media Darmanto.

Dalam sambutanya Arif Mustofa bahwa berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik. Selain itu, mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik, mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan serta mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

“Salah satu tugas kami, yakni mengelolaan informasi dan komunikasi publik serta diskriminasi informasi yang menjadi salah satu kebijakan pemerintah prioritas program tahun 2022. Tahun 2022, ditargetkan 187 robot lagi dan 27 videotron termasuk di Kabupaten Tegal. Upaya itu dilakukan dalam rangka mengimplementasi program prioritas bapak Menko Polhukam untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan menunjang keberhasilan pembangunan daerah,” ungkap Arif Mustofa.

Untuk menyukseskan program itu, lanjut dia, Kemenko Polhukam melakukan koordinasikan dengan berbagai kementerian dan lembaga serta stakeholder terkait menunjang program tersebut. Pihaknya juga memberikan kepastian untuk berbagai inisiatif dan upaya dalam menyebarluaskan informasi, seperti kolaborasi Pemerintah Pusat, Kabupaten Tegal, dan Antara Digital Media.

“Saya meyakini plafon destinasi informasi yang dimiliki Kabupaten Tegal ini menjadi salah satu saluran kebijakan pemerintah yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Tegal,” harapnya.

Sementara itu Bupati Tegal Umi Azizah dalam sambutanya menyampaikan bahwa  kehadiran videotron ini tentunya sangat bermanfaat bagi penguatan literasi masyarakat akan informasi dan penguatan pengetahuan di tengah ekosistem digital yang berkembang cepat saat ini. Videotron ini adalah sarana komunikasi yang efektif untuk menumbuhkan semangat, membangun optimisme masyarakat agar bangkit dan maju bersama membangun negeri.

“Kami berharap masyarakat akan mendapatkan asupan informasi yang faktual, aktual, dan solutif serta menghindarkan diri dari jebakan hoaks, informasi palsu, hingga informasi salah yang membanjiri berbagai media, terutama media sosial,” ungkap Umi Azizah.

Lebih lanjut dikatakan, selain menciptakan konten atau narasi pemberitaan yang positif, pihaknya minta peran dari seluruh organisasi perangkat daerah melalui Dinas Kominfo untuk berkontribusi mengisi slot yang telah disediakan. Selain itu, diminta meningkatkan kualitas tayangannya yang lebih informatif dan eye catching.

“Kehadiran videotron yang untuk pertama kalinya di Kabupaten Tegal ini tidak hanya sekedar media publikasi dan informasi, tapi juga menambah kesan semarak wajah Kota Slawi dengan memanjakan mata setiap pengendara atau pengguna jalan yang melintas,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal Dessi Arifianto melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Kusnianto mengatakan bahwa dipilihnya Jalan A Yani sebagai lokasi pemasangan videotron telah melalui survei Panjang sesuai kriteria yang ditentukan, diantaranya harus dilewati masyarakat selama 24 jam (tidak sepi) dan berada di lokasi tepi jalan nasional. Sehingga tayangan videotron tidak hanya bagi warga lokal saja, tapi juga orang dari luar daerah Kabupaten Tegal atau yang sedang melintas.

Videotron ini adalah yang pertama di Kota Slawi, memiliki Panjang 4 meter dan lebar 8 meter, dengan nilai investasi hingga Rp 2 miliar lebih. Pembangunan videotron ini sepenuhnya dilakukan oleh LKBN Antara melalui anak perusahaannya Digital Antara Media.

“Seluruh pembangunan, pemeliharaan, operasional, dan pemeliharaan, termasuk listrik 41.500 watt sepenuhnya dilakukan LKBN Antara melalui anak perusahaannya Digital Antara Media. Pemerintah Kabupaten Tegal membantu proses perijinan dan pemasangannya,” ungkap Kusnianto.

Tujuan pemasangan videotron ini sebagai sarana penyebarluasan informasi publik, baik informasi publik bersifat nasional maupun lokal. Meteri tayangan videotron 60 persen berisi konten nasional dan 40 persen berisi konten lokal atau daerah di Indonesia.

Manfaat yang didapat dari adanya videotron bagi Pemerintah Kabupaten Tegal diharapkan organisasi perangkat daerah (OPD) dapat mempromosikan program, kebijakan, kegiatan, capaian maupun prestasi masing-masing dan disebarluakan dalam skala nasional.






Link Pemerintahan


Link Lainnya