TMMD Sengkuyung Tahap 1 Desa Purbasana Resmi Dibuka


Diposting pada 13 May 2022, 10:57 Oleh IP


Slawi – Program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2022 yang pelaksanaanya telah dibuka secara resmi oleh Bupati Tegal Umi Azizah dilaksanakan di Desa Purbasana, Kecamatan Tarub.

Sasaran TMMD kali ini adalah pembuatan jaringan jalan yang diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui ketersediaan prasarana infrastrukturnya yang baik. Selain itu, dapat berdampak positif pada kedekatan TNI dengan masyarakat.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Pelaksana TMMD Sengkuyung Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setyadi menyampaikan bahwa rencananya program TMMD akan menyasar pembangunan prasarana fisik dan kegiatan non fisik perdesaan dengan pendanaan APBD Pemprov Jawa Tengah dan APBD Kabupaten Tegal senilai Rp 281 juta.


“Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembuatan talud dengan ukuran panjang 550 meter dan pengerasan jalan makadam selebar 5 meter dengan ukuran panjang 275 meter. Selain untuk kegiatan pembangunan fisik. Juga akan dilaksanakan kegiatan non-fisik seperti sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara, sosialisasi kesehatan, sosialisasi pencegahan stunting pada anak, sosialisasi tentang kenakalan remaja dan narkotika dan sosialisasi Program KB dan Posyandu,” ungkap Shokib.


Umi Azizah dalam sambutannya di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Rabu (11/05/2022) menyampaikan bahwa TMMD adalah program terpadu antara TNI dengan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan  daerah dengan sasaran pokok peningkatan kesejahteraan masyarakat. TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat desa. Dengan TMMD ini berharap solidaritas dan sinergitas senantiasa terjalin dengan erat.


Pada kesempatan yang sama Umi juga memberikan apresiasi kepada TNI dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur perdesaan. Umi berpesan agar Pemdes Purbasana dan masyarakat agara bisa ikut berpartisipasi membantu dan mendukung jalanya program ini yang akan berlangsung dari tanggal 11 Mei - 9 Juni 2022 mendatang .

“Dengan adanya hal ini akan menggerakan roda perekonomian warga setempat dan memberikan kemudahan pada mobilitas warga, termasuk barang dan hasil pertanian di desa lokasi pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap 1 yaitu khususnya Desa Purbasana Kecamatan Tarub,” ungkap Umi.

 

 

 

 






Link Pemerintahan


Link Lainnya