Tim Asesor Perpustakaan Nasional Kunjungi Perpustakaan Kabupaten Tegal


Diposting pada 06 September 2021, 09:51 Oleh Hanafi


Slawi - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Tegal mendapatkan visitasi oleh Tim Asesor Perpustakaan Nasional dalam rangka akreditasi perpustakaan di wilayah Kabupaten Tegal, Kamis (02/09/2021).

Tujuan akreditasi perpustakaan adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), manfaat akreditasi bagi perpustakaan yang terakreditasi adalah meningkatkan motivasi lembaga perpustakaan (termasuk sumber daya manusia) untuk meningkatkan kinerjanya.

Bertempat di Perpustakaan Soekarno – Hatta, jalan A. Yani Slawi, Tim Asesor Perpustakaan Nasional yaitu Agus Rifai, PhD selaku Asesor Akreditasi Perpustakaan didampingi oleh Drs. Budi Kurniawan yang merupakan Pustakawan Ahli Muda Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melakukan visitasi akreditasi perpustakaan. Kegiatan pemeriksaan bukti fisik akreditasi perpustakaan dilakukan dengan memverifikasi instrumen akreditasi yang meliputi 6 komponen yaitu koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta inovasi dan keunikan yang ada di Perpustakaan Soekarno - Hatta Kabupaten Tegal.

Verifikasi instrumen akreditasi dilakukan dengan wawancara langsung asesor dengan tim penyusun bukti fisik pada masing-masing komponen akreditasi perpustakaan.

Berdasarkan proses asesmen yang telah dilakukan, tim asesor menyampaikan empat aspek sebagai bahan masukan untuk Dinas Arpus Kabupaten Tegal yang meliputi, peningkatan koleksi kearifan lokal di Kabupaten Tegal, peningkatan layanan perpustakaan yang berbasis inklusi sosial, peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui sertifikasi profesi, serta inovasi dan keunikan diperlukan guna meningkatkan daya tarik masyarakat Kabupaten Tegal untuk berkunjung ke perpustakaan.

“Dalam membangun perpustakaan berbasis inklusi sosial, pustakawan harus berkolaborai dengan berbagai profesi yang ada dilingkungan Kabupaten Tegal yang nantinya  keberadaan perpustakaan ini sebagai penyedia sarana peningkatan ekonomi serta kesejahteraan berbasis ilmu pengetahuan”, kata Agus Rifai dalam sesi akhir kegiatan visitasi akreditasi Perpustakaan  Kabupaten Tegal.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Arpus Kabupaten Tegal Drs. Abdul Apipudin mengucapkan terimakasih atas kunjungan tim asesor Perpustakaan Nasional RI.

“Masukan tersebut kami terima  dan akan menjadi bahan pertimbangan kami dalam meningkatkan semua aspek yang ada di perpustakaan agar lebih baik dikedepannya”, ungkap Apip.

Visitasi akreditasi perpustakaan ini dilakukan atas tindak lanjut dari Dinas Arpus Kabupaten Tegal mengirimkan dokumen atau borang akreditasi ke Perpustakaan Nasional RI.  Dinas Arpus Kabupaten Tegal mengusulkan 11 perpustakaan untuk mengikuti program akreditasi yakni, Dinas Arpus Kabupaten Tegal, Perpustakaan Universitas Bhamada Slawi serta 8 perpustakaan sekolah diantaranya SMAN 1 Slawi, SMAN 2 Slawi, SMAN 1 Margasari, SMK NU Slawi, SMKN 1 Adiwerna, SMKN 2 Adiwerna, SMKN 1 Bumijawa, SMK Muhammadiyah Kramat, dan SMPN 1 Slawi.

Namun pada 1 – 3 September 2021 visitasi hanya dilaksanakan di empat perpustakaan yaitu Dinas Arpus Kabupaten Tegal, Universitas Bhamada Slawi, SMA Negeri 1 Slawi dan SMK Negeri 1 Adiwerna.

Melalui kegiatan akreditasi Perpustakaan Soekarno - Hatta Kabupaten Tegal diharapkan dapat memenuhi tuntutan kepuasan pemustaka yang membutuhkan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan perkembangan zaman yang serba digital, menjadi pembuktian diri dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keberhasilan perpustakaan dan menjadi rujukan pengembangan perpustakaan di daerah khususnya di Kabupaten Tegal.






Link Pemerintahan


Link Lainnya