Tiga Desa Di Kabupaten Tegal Menjadi Lokus Perintis Desa Cantik


Diposting pada 27 May 2024, 08:12 Oleh ip


SLAWI – Program Desa Cantik (Cinta Statistik) diharapkan mampu mendorong kemajuan pembanguan desa yang lebih baik, tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi juga pada proses yang berkelanjutan dan partisipatif.

Terdapat tiga desa yang dijadikan lokus perintis pada program ini, yaitu Desa Ujungrusi, Sidapurna dan Pagerwangi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud dalam acara Evaluasi Penyelenggaraan Kegiatan Satu Data Statistik Sektoral dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Cantik) Kabupaten Tegal di Ruang Rapat Bupati Tegal, Rabu (22/05/2024).

Pemerintah Kabupaten Tegal juga telah membuat Tim Penyelenggara Satu Data yang ditetapkan dalam Keputusan Bupati Tegal Nomor 273 Tahun 2023. Pembentukan Tim Penyelenggara Satu Data Kabupaten Tegal juga merupakan amanat dari Peraturan Bupati Tegal Nomor 62 Tahun 2022 tentang Penyelenggara Satu Data Kabupaten Tegal.

“Penyelenggaraan kegiatan satu data statistik sektoral perlu dukungan penuh dari semua OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten untuk membangun Satu Data Kabupaten Tegal yang sesuai dengan Prinsip SDI,” kata Amir.

kegiatan ini juga akan dilakukan penilaian dan evaluasi secara berkala oleh Pembina Data yang hasilnya dituangkan dalam bentuk Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang menjadi indikator dan merepresentasikan tingkat kematangan pengelolaan statistik sektoral pada K/L/PD.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal berupaya untuk mendorong pengelolaan statistik di tingkat Pemerintah Desa melalui program Desa Cantik,” jelasnya.

Amir juga menyatakan dukungan penuh terhadap pencanangan kegiatan program Desa Cantik serta mengajak seluruh stakeholders terkait untuk mendukung program ini.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Nurhayati menuturkan bahwa kegiatan ini juga mendukung transparansi dan akuntabilitas serta mendorong inovasi dari pengelolaan data sektoral.

“Proses evaluasi ini sebagai langkah strategis yang akan memberikan manfaat jangka pendek dan panjang bagi OPD selaku Produsen Data,” ujar Nurhayati.

Nurhayati juga menambahkan bahwa untuk meningkatkan semangat, motivasi dan komitmen produsen data dalam menyelenggarakan statistik sektoral juga berupaya memberikan reward berupa Piagam Penghargaan kepada OPD dengan Metadata Terbaik Tahun 2023.

“Beberapa OPD yang mendapatkan penghargaan diantaranya Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan Dinas Perhubungan,” pungkasnya.


Tag:




Link Pemerintahan


Link Lainnya