Sektor Pendidikan Terapkan Teknologi Digital, Upaya Menjadikan Generasi Muda Pencipta Teknologi


Diposting pada 31 May 2024, 09:35 Oleh ip


SLAWI – Upaya mencapai target Indonesia Emas 2024 dapat dilakukan melalui penerapan teknologi khususnya di bidang pendidikan. Namun untuk mencapai hal tersebut diperlukan dukungan dari semua stakeholder.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kabid SPBE Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Alan Samsudin dalam acara Adopsi Teknologi Digital Sektor Pendidikan di Kabupaten Tegal yang berlangsung di SMK N 2 Adiwerna, Selasa (28/05/2024).

Kegiatan ini merukapan kegiatan dari Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aptika -  Kemkominfo RI dengan tujuan dapat bermanfaat bagi guru untuk merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pekerjaan administratif lainnya secara online. Kemudian, untuk pemanfaatan teknologi Internet of Things yang memuat konten pembelajaran yang dapat diakses secara online dan offline.

Pada kesempatan ini juga diikuti oleh wakil kepala sekolah kurikulum dan guru dari 50 SMA dan SMK di Kabupaten Tegal

Alan mengungkapkan bahwa keberadaan internet menjadi peluang khususnya di generasi muda yang secara kuantitas jumlahnya besar namun perlu diarahkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi ke arah positif.

“Generasi muda di Indonesia yang jumlahnya cukup besar sudah saatnya diarahkan untuk menjadi pencipta dari teknologi, bukan hanya sekedar menjadi pengguna teknologi,” ujar Alan.

Untuk mempersiapkan dan mengarahkan generasi muda menjadi creator bukan sekedar user, maka pemerintah perlu menyiapkan kebijakan yang mendukung hal tersebut.

Menurut Alan, dalam hal peningkatan kualitas SDM, tidak hanya pemerintah saja yang dapat berperan, namun tenaga pendidik juga berperan sangat besar dalam mewujudkan SDM yang berkualitas.

“Di era digitalisasi saat ini, tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi yang mengharuskan tenaga pendidik untuk segera beradaptasi dengan ekosistem teknologi yang ada,” kata Alan.

Kegiatan ini juga diisi dengan pelatihan terkait Learning Management System dan Internet of Things dari tim Guru Kreator by Paideia dan tim Kipin.


Tag:




Link Pemerintahan


Link Lainnya