Sekda Amir Minta Jajaran Pimpinan Pemkab Tegal Dorong Penyaluran ZIS


Diposting pada 04 June 2024, 16:04 Oleh ip


SLAWI – Pemkab Tegal terus berupaya mengoptimalkan potensi  Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang dihimpun dari ASN, karyawan BUMN dan BUMD di Kabupaten Tegal.

Dalam hal ini Pemkab Tegal menargetkan 10 miliar dana ZIS pada tahun 2024. Adapun realisasi sampai dengan bulan April lalu hanya terkumpul Rp2,23 miliar atau 22 persen dari target.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud dalam acara Sosialisasi Koordinasi dan Optimalisasi Zakat, Infak dan Sedekah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal yang bertempat di Ruang Rapat Bupati, Selasa (04/06/2024).

Berdasarkan hitungan potensi dana ZIS dari ASN juga pegawai BUMD di lingkungan Pemkab Tegal diperkirakan mencapai  21 miliar.

“Jika potensi perolehan ini bisa digali secara optimal, maka ASN dan pegawai BUMD berkontribusi secara langsung menyukseskan program ZIS Kabupaten Tegal,” kata Amir.

Amir meminta kepada pimpinan OPD, Pimpinan BUMD agar dapat mengimbau dan mendorong staf atau karyawannya menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya lewat Baznas Kabupaten Tegal.

“Mari kita jadikan zakat dan infak ini sebagai wujud syukur sekaligus kepedulian kita membantu saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan ekonomi, kesusahan hidup atau tertimpa bencana,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Wakil Ketua 3 Baznas Kabupaten Tegal Fathin Hammam menuturkan bahwa selama ini Baznas Kabupaten Tegal sudah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tegal dalam pengumpulan dan penyaluran sesuai dengan asnaf yang ada di Al-Qur’an.

“Selain itu, Baznas Kabupaten Tegal juga rutin melakukan pelatihan skill untuk para mustahik yang masih menganggur,” ujar Fathin.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran yang lebih di kalangan ASN, karyawan BUMN dan BUMD tentang pentingnya ZIS.


Tag:




Link Pemerintahan


Link Lainnya