Pj Bupati Resmikan Sekretariat PWI KabupatenTegal pada Peringatan HPN


Diposting pada 28 February 2024, 15:37 Oleh ip


SLAWI - Penjabat (Pj) Bupati Tegal Agustyarsyah hadir langsung pada peresmian Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Rabu (21/02/2023).

Peresmian Sekretariat PWI yang berada di dalam kompleks kantor Pemkab Tegal dilakukan  secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Pj Bupati Tegal didampingi Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, Kasdim 0712 Tegal Mayor Inf Nurohmat dan Forkopimda Kabupaten Tegal.

Hadir pula Ketua KPU Kabupaten Tegal Himawan Tri Pratiwi, Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal Harpendi Dwi Pratiwi, segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pengusaha, perwakilan Organisasi Masyarakat, Akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat, perwakilan partai politik, dan lain-lain.

Selain kegiatan peresmian Sekretariat PWI Kabupaten Tegal dan peringatan Hari Pers Nasional, pada kesempatan itu juga berlangsung penyerahan tali asih (bantuan) kepada empat perwakilan keluarga wartawan yang sudah meninggal dunia.

Dalam sambutanya Agustyarsyah mendukung dan menyambut baik peresmian Sekretariat PWI di lingkungan kantor Pemerintah Kabupaten Tegal sebagai tempat berkumpulnya rekan-rekan wartawan. Dirinya juga minta kepada Diskominfo untuk memfasilitasi kebutuhan perlengkapan sekretariat supaya kerja rekan-rekan wartawan bisa maksimal.

Sebagai mitra membangun, dirinya memandang pers adalah jembatan komunikasi informasi yang independen dan turut menjadi akselerator pembangunan, termasuk menjaga iklim demokrasi tetap berjalan baik, aman, dan kondusif.

“Upaya ini tentunya tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, termasuk pers melalui penciptaan narasi beritanya yang benar, solutif, dan informatif. Mampu menumbuhkan semangat, membangun optimisme. Mengedepankan persatuan dan kesatuan, menghindari perpecahan, tidak mudah terhasut, terprovokasi berita bohong yang dapat berujung pada kegaduhan publik.” kata Agustyarsyah.

Selain itu, Pj Bupati Tegal menyampaikan bahwa untuk mewujudkan jurnalisme berkualitas tidaklah mudah. Tapi upaya ini harus tetap dilakukan, tinggal bagaimana mendisrupsi, mengonvergensi, mengintegrasikan teknologi, platform, hingga bisnis media yang berbeda menjadi satu.

“Saya rasa trend berkurangnya pembaca surat kabar, pendengar radio dan pemirsa televisi sepanjang lima tahun terakhir ini sudah dibaca para pelaku bisnis media yang kemudian mengkonvergensi produknya atau bahkan menggantinya ke format digital dan daring,” ujar Agustyarsyah.

Sementara itu, Ketua PWI Fatkhurrohmah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih, semoga dengan diresmikannya sekretariat PWI Kabupaten Tegal ini kedepannya wartawan bisa lebih bersinergi lagi dengan Pemkab Tegal maupun unsur terkait lainnya.

Fatur menambahkan bahwa tugas dan fungsi pers itu tidak hanya soal edukasi tapi juga kontroling.

“Kadang-kadang di media massa itu mesti ada berita yang agak lumayan kritis, ada yang benar-benar memberikan edukasi, ada juga yang hiburan,” kata Fatkhur.

Rangkaian peringatan HPN juga diisi dengan talk show yang mengambil tema mengawal transisi kepemimpinan menuju kondusifitas daerah.

 

 


Tag:




Link Pemerintahan


Link Lainnya