Pemkab Tegal Siap Sukseskan Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional


Diposting pada 23 April 2024, 11:54 Oleh ip


SLAWI - Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRAN) 2024 digelar serentak se-Indonesia melalui daring, termasuk di Kabupaten Tegal yang dipusatkan di Kantor Desa Buniwah, Kecamatan Bojong, Senin (22/04/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergi mewujudkan cita-cita Reforma Agraria dalam upaya mengurangi ketimpangan kepemilikan tanah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pj Bupati Tegal Agustyarsyah yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukinan (Perkim) Jaenal Dasmin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan negara guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelaksanaan penataan asset dan penataan akses.

“Kegiatan GSRAN ini juga utamanya memfasilitasi legalisasi usaha berupa Nomer Induk Berusaha (PIR) dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT),” kata Jaenal.

Tambahnya, Reforma Agraria ini dilaksanakan sebagai bentuk penataan aset, legalisasi aset, retribusi maupun Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Untuk penataan asset di Buniwah ini hampir seluruhnya sudah terselesaikan yakni PTSL tahun 2019 dan 2021,” ujarnya

Selain itu, Kegiatan penataan akses akan difasilitasi berupa pembinaan keluarga, pembinaan kelompok masyarakat diantaranya Kelompok Tani Ternak Maju Mapan dan Kain Ecoprint, pelatihan penanganan penyakit hewan dan bank kompos dan pakan.

Lanjutnya, penataan akses ini juga memfasilitasi pendampingan yang dibantu oleh PT. Leea Footwear Indonesia selaku Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal Winarto melaporkan bahwa Reforma Agraria  yang dipusatkan di Desa Buniwah akan dilanjutkan dengan penataan akses

“Di penataan akses ini butuh sinergi antara Pemkab Tegal, Kantor Pertanahan, Pemerintah Desa Buniwah dan Kelompok Tani Ternak Maju Mapan,” jelas Winarto.

Winarto juga menambahkan bahwa dalam kegiatan GSRAN ini juga terdapat penelitian akademis dari STPN Yogyakarta untuk meneliti kegitan tersebut.

“Harapan untuk Desa Buniwah semoga melalui program ini dapat lebih berkembang lagi khususnya di bidang usahanya,” pungkasnya.


Tag:




Link Pemerintahan


Link Lainnya