Pemkab Tegal Raih Penghargaan Badan Publik Menuju Informatif


Diposting pada 27 December 2023, 09:02 Oleh EW


Slawi, Pemerintah Kabupaten Tegal meraih  anugerah dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 sebagai Badan Publik Menuju informatif. Penghargaan di terima oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo selaku sekretaris PPID Kab Tegal di Semarang 21 Desember 2023 .  

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Nurhayati diruang kerja nya Jumat 22 Desember 2023

Piagam penghargaan diberikan oleh  Komisioner KI Jawa Tengah kepada 30 Kabupaten/kots se Jawa Tengah yang menerima penghargaan dengan kategori menuju Informatif dan  Informatif. Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada  Kepala Perangkat Daerah (SKPD Provinsi Jateng), Pimpinan atau Direktur RSUD Pusat Provinsi Jawa Tengah dan RSUD Kab/Kota termasuk RSUD dr.Soeselo Slawi yang ditetapkan sebagai Badan Publik Informatif.

Menurut Nurhayati, penghargaan diberikan setelah proses monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di masing-masing badan publik  oleh Komisi Informasi Jawa Tengah melalui 4 tahapan. Yaitu Tahap 1 Monev Website PPID, Tahap 2 Self Asesmen Quisioner ( Penilaian Mandiri) , Tahap 3 Visitasi dan Tahap 4 Uji Publik di hadapan para penelis yang terdiri unsur  : Akademisi, Pemerintah,  Praktisi dan Komisioner KI Provinsi Jawa Tengah .

Kadis Kominfo menambahkan, penghargaan ini adalah penghargaan untuk kita semua atas prestasi dalam memberikan layanan dan memenuhi kepentingan publik terutama berkenaan dengan hak masyarakat atas informasi.

Masyarakat memiliki hak untuk tahu dan mengetahui segala informasi publik menyangkut hal yang dikerjakan Pemerintah Kabupaten Tegal. Tugas pemerintah selaku Badan Publik adalah  memenuhi hak publik tersebut, dengan menyediakan informasi publik secara update,  transparan, dan memudahkan siapapun untuk mengaksesnya.

Itu yang selama ini dilakukan  secara terus menerus dan berkelanjutan. Bahwa kemudian kerja-kerja keterbukaan informasi publik itu mendapatkan apresiasi atau penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dengan Predikat Menuju Informatif dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

“Tentu ini prestasi yang patut kita disyukuri. Saya mengucapkan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada jajaran Kepala Perangkat Daerah dan Masyarakat  atas pemberian penghargaan ini yang merupakan penghargaan semua  masyarakat Kabupaten Tegal atas capaian kerja-kerja kita yang naik mendapat predikat Kategori Menuju Informatif.”Ujar Nurhayati

Kadis Kominfo berharap , terlepas ada atau tidak adanya penghargaan, Pemkab Tegal  punya komitmen, selaku Badan Publik akan selalu dan terus berupaya untuk terus mengembangkan dan menigkatkan tata kelola layanan  keterbukaan informasi publik agar di tahun depan dapat mencapai predikat Informatif.

Menurut Nurhayati keterbukaan informasi dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan juga  sampai ke Badan Publik Desa,  Oleh karena itu sebanyak 35 Badan Publik tahun 2023 telah dilakukan monev Keterbukaan Informasi Publik yang  merupakan indikator penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka agar masyarakat mudah dalam mengakses dan biaya murah dalam mendapatkan informasi informasi publik “, pungkasnya. .

Sementara Kepala Bidang IKP Kusnianto  mengatakan penganugerahan keterbukaan informasi publik ini adalah akhir dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang dilakukan KIP. Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik merupakan salah satu bentuk atau cara KIP untuk terus memajukan keterbukaan informasi publik seluruh badan publik di Provinsi Jawa Tengah.Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008  sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan hak setiap orang untuk memperoleh informasi, dalam monev tahun ini tentang  Keterbukaan Informasi Publik terkait tata kelola Layanan informasi publik bagi Badan Publik yang mendapatkan sumber keuangan dari APBN/APBD . Maka kami berharap Keterbukaan Informasi Publik tidak berhenti pada hal-hal yang teknis dan administratif konsep yang prosedural namun harus terimplementasikan pada pelayanan yang dimiliki oleh seluruh Badan Publik.

Hasil dari monev yang dilakukan Komisi Informasi Provinsi terhadap badan publik adalah kualifikasi pemeringkatan Badan Publik  dan mengapresiasi dalam bentuk penghargaan yang masuk dalam kategori Informatif dengan kumulatif  nilai 90 s/d 100 dan  Menuju Informatif  dengan nilai kumulatif 80 s/d 89,9.

Menurut Kusnianto, Badan Publik kategori Informatif dan Menuju Informatif itu hanya beda tipis artinya kalo kita analogikan di sebuah nilai akademik sama-sama lulus  hanya cumlaude atau tidak cumlaude  dan itu bisa dicapai oleh setiap Badan Publik karena Monev Keterbukaan Informasi Publik diselenggarakan setiap tahun.

Harapannya, kegiatan ini tidak semata-mata sebagai ceremonial penganugerahan melainkan sebagai bentuk evaluasi pertanggungjawaban kepada publik atas pelaksanaan keterbukaan informasi publik. “Penganugerahan ini juga menggambarkan kondisi keterbukaan informasi publik pada badan publik, sehingga kita semua diharapkan meningkatkan komitmen untuk melaksanakan prinsip-prinsip keterbukaan informasi dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan”, pungkasnya. (Diskominfo Kab. Tegal).






Link Pemerintahan


Link Lainnya