Pemkab Tegal dan BI Bersinergi Mengembangkan UMKM Menuju Growing Local, Go Global, Go Halal


Diposting pada 27 May 2024, 08:13 Oleh ip


SLAWI - Pemkab Tegal bersama Bank Indonesia (BI) berupaya memberikan kesempatan serta membuka ruang kepada masyarakat untuk berbelanja aneka produk UMKM lewat gelaran Slawi Ageng Expo 2024 dengan branding-nya Semarak UMKM.

Tiga lokasi di Kabupaten Tegal yakni Rest Area Joglo 282B Tegal, kawasan wisata Waduk Cacaban dan kantin sekolah SMA Negeri 1 Slawi menyandang predikat Zona Khas atau zona kuliner halal, aman dan sehat.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Suspriyanti di acara Semarak UMKM Pantura yang berlangsung di Pendopo Amangkurat, Rabu (22/05/2024).

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan BI Tegal, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, di Dinas Kesehatan yang telah bekerja keras memfasilitasi pendampingan kepada UMKM terkait dengan program go halal sehingga dapat menyandang predikat Zona KHAS,” ungkapnya

Melalui Semarak UMKM Pantura ini dapat menjadikan konsumsi masyarakat meningkat, perputaran uang juga ikut meningkat.

“Saya memandang ini adalah kesempatan emas para pelaku UMKM Kabupaten Tegal memasarkan dan mempromosikan produknya,” kata Suspriyanti.

Semarak UMKM ini digelar pada tanggal 22 Mei sampai  26 Mei 2024 di Pemda Kabupaten Tegal dan Alun-alun Hanggawana Slawi.

“Nanti puncaknya tanggal 25 Mei saat konser Band Ungu yang mampu ditangkap sebagai sebuah peluang, omset penjualan yang meningkat,” tambah Suspriyanti.

Di sisi lain, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal Mawardi menuturkan bahwa kekuatan ekonomi UMKM ini tidak bisa dianggap remeh.

Menurut Kementrian Kopreasi dan UKM pada tahun 2023 sektor atau kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61 persen. Sedangkan untuk penyerapan tenaga kerja dari sektor UMKM mencapai 97 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

“Jadi kekuatan UMKM ini tidak bisa dianggap sebelah mata bahkan jumlah pelaku sektor UMKM tercatat ada 67 juta,” Jelas Mawardi.

BI sebagai bank sental terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk terus meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian.

“Pengembangan UMKM ini diperlukan sinergi antara BI dengan Pemerintah Daerah,” jelasnya Mawardi.


Tag:




Link Pemerintahan


Link Lainnya