Menuju Smart City, Pemkab Tegal Selenggarakan Media Gathering FGD


Diposting pada 27 December 2021, 07:16 Oleh EW


Slawi – Untuk menyatukan pemahaman antar stakeholder mengenai smart city, yang kedepan diharapkan bisa menjadi acuan dalam memberikan peran yang terbaik dalam upaya pengembangan program smart city. Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Diskominfo, Kamis, (23/12/2021) menggelar acara Media Gathering  Focus Group Discussion (FGD) menuju Smart City. Acara yang diikuti oleh para Kepala Perangkat Daerah , Pimpinan BUMD, Para Pengusaha. Awak media Cetak maupun Online, Pengurus FK Metra Akademisi, Pimpinan Radio   dan Pengampu FGD, diselenggarakan di salah satu Caffe D’Toewel Urban Cafe &  Resto, Jl. Raya Bojong Krajan , Tuwel  Bojong.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal, Bambang Kusnandar Aribawa dalam sambutanya mengatakan , kegiatan Gathering FGD dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Kabupaten Tegal , pelaku usaha, Swasta dan media massa tentang Kabupaten Tegal dalam menuju Smart City.

Kegiatan Media Gathering FGD juga bertujuan guna  mewujudkan sinergitas dan saling mendukung peran yang dimiliki masing-masing antara media, pelaku Usaha Swasta dan Pemerintah Kabupaten Tegal dengan komitmen Bersama membangun hubungan mutualisme. Ujarnya.

Melalui Kegiatan Media Gathering FGD,  pihaknya berharap Gerakan massif penyebarluasan informasi dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya Smart City dalam pelayanan pemerintah era internet of Thinks serta memberikan pemahaman kepada semua lini masyarakat di Kabupaten Tegal ,

Menurutnya  pembangunan iklim smart city di Kabupaten Tegal  merupakan pekerjaan rumah bersama. Terkait hal itu, Kadis Kominfo Bambang Kusnandar Aribawa  mengharapkan dukungan dan keterlibatan masyarakat secara menyeluruh yang tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal  saja, tapi juga perlu dukungan dari komunitas, akademisi, pebisnis serta entitas lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Tegal Umi Azizah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono . Pengurus Dewan TIK Daerah Teguh Rimbawan  Ketua PWI Kabupaten Tegal,  para Perwakilan Pengurus Forum Komunikasi Media Tradisional (FK METRA).

 

Pada Kesempatan itu Bupati Tegal dalam membuka acara tersebut  mengatakan Smart City merupakan konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat,

Selain itu, Bupati Tegal Umi Azizah  menjelaskan bahwa Kabupaten Tegal  untuk menerapkan “Smart City”. masih banyak yang harus dikejar, “Masyarakat harus memahami betul peran teknologi dalam membangun sebuah masyarakat, kesadaran bahwa kita hidup dalam sebuah jejaring yang merupakan esensi dari masyarakat Cerdas.

“Oleh karena itu, melalui landasan peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan berbasis elektronik  berbagai tantangan untuk menciptakan pelayanan publik prima bisa kita selesaikan lewat kota pintar ini. Yang muaranya peningkatan kualitas hidup masyarakat kabupaten Tegal. Pungkasnya (Diskominfo Kab. Tegal/Ew).






Link Pemerintahan


Link Lainnya