Kabupaten Tegal Memiliki Peserta Tes SKB Nilai Sempurna


Diposting pada 17 September 2020, 08:11 Oleh MR


Semarang – Rabu(16/09/2020) merupakan hari terakhir dari serangkain pelaksanaan Tes SKB Penerimaan CPNS Formasi 2019 di Kabupaten Tegal. Jumlah Total Peserta Tes yang akan mengikuti SKB adalah 1.245 orang. Peserta Tes SKB Kabupaten Tegal adalah jumlah peserta tes terbanyak dari beberapa Pemerintah Daerah yang menyelenggaran Tes SKB di Udinus Semarang, sehingga pelaksanaan Tes SKB Kabupaten Tegal lebih lama daripada Pemerintah Daerah lainya, yaitu selama 3 hari. Namun pada pelaksanaan SKB terdapat 9 orang yang tidak hadir dalam Tes SKB tersebut.

Pada hari terakhir di Sesi 2, Wakil Bupati menyempatkan hadir untuk melihat pelaksanaan Tes SKB tersebut. Beliau juga diminta oleh Panitia Penyelenggara untuk memberikan sambutan di Ruang Transit Peserta Tes SKB. Beliau berharap setiap Peserta Tes SKB dapat memanfaatkan momentum ini agar dapat dimaksimalkan untuk berjuang menjadi abdi negara yang baik, profesional dan berintegritas tinggi. “Bagi yang nantinya tidak lolos CPNS tidak perlu galau, karena bekerja bukan hanya menjadi CPNS, Saya juga dulu pernah gagal dalam seleksi di UNPAD namun ternyata justru diterima di Luar Negeri”ungkap Wakil Bupati.

Ada yang menarik di hari terakhir sesi 3, yaitu terdapat peserta yang mempunyai nilai 500 atau nilai sempurna, peserta ini dapat menjawab semua soal Tes SKB dengan benar tanpa kesalahan. Sontak ini membuat Panitia BKN Kanreg I Yogyakarta penasaran ingin bertemu dan meminta Panitia BKD Kabupaten Tegal agar menghubungi yang bersangkutan untuk diwawancarai. Nama peserta tersebut adalah Nastiti Wikan Mahanani dengan formasi Tenaga Teknis Pengelolaa Akuntasi. Panita berusaha untuk menghubungi Nastiti melalui telfon dan video call namun belum mendapat jawaban. Kejadian ini juga membuat kebanggan tersendiri bagi Panitia Penyelenggara karena dapat memperoleh SDM yang berkompeten untuk menjadi CPNS di Kabupaten Tegal.

Nastiti sendiri sesuai dengan biodata KTP bukan warga asli Kabupaten Tegal namun alamat sesuai KTP adalah wara Kota Tegal. Disisi lain untuk formasi pendidik bahwa Peserta Tes SKB yang mempunyai Serdik atau Sertifikat Pendidik mempunyai peluang yang cukup besar, pasalnya Nilai SKB bagi Peserta Tes yang mempunyai Serdik juga memperoleh nilai 500 berapapun hasil Tes SKB kali ini. Pemerintah Pusat menerapkan kebijakan ini untuk memberikan apresiasi bagi Guru atau Tenaga Pendidik yang sudah cukup lama mengabdi dan mengajar. Bagi pesaing di formasi guru yang mempunyai Serdik dinilai berpeluang cukup besar untuk menjadi CPNS kali ini. 

Adapun jumlah nilai akhir dari penerimaan CPNS kali ini adalah 40 persen dari SKD dan 60 persen dari SKB. SKB mempunyai porsi yang lebih besar daripada SKD karena Tes SKB adalah menguji kemampuan Peserta Tes sesuai dengan formasi dan jabatan yang dipilih. Sehingga, Tes SKB ini sifatnya lebih teknis dan fokus ke bidang tertentu.






Link Pemerintahan


Link Lainnya