Inovasi Berdaya Saing, Kabupaten Tegal Tampilkan 34 Produk Inovasi Kreatif dan Solutif


Diposting pada 12 July 2024, 07:22 Oleh ip


SLAWI - Dalam upaya mendukung dan mendorong inovasi daerah di Kabupaten Tegal. Pemkab Tegal mengadakan Gelar Produk dan Presentasi Krenova tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 3 sampai 4 Juli 2024 di Gedung Dadali.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud dalam sambutannya menuturkan bahwa Kabupaten Tegal pada tahun 2023 masuk predikat sangat inovatif dengan skor 60,33.

Namun nilai indeks inovasi daerah di Kabupaten Tegal mengalami penurunan sejak tahun 2021 dengan skor 62,06 dan di tahun 2022 menjadi 61,81.

Sementara batas minimal skor untuk mendapatkan predikat sangat innovative adalah 60,01.

"Kabupaten Tegal sudah mendekati skor inovasi kritis dan jika tidak didorong lagi bisa semakin terperosok dan terlewati oleh Kabupaten lain," ucap Amir, Rabu (3/07/2024).

Amir mendorong generasi muda untuk berkarya dan berinovasi di berbagai bidang, menemukan ide-ide baru dan solutif untuk berbagai permasalahan yang ada serta membangun ekosistem inovasi yang kondusif di Kabupaten Tegal.

"Inovasi menjadi kunci utama untuk dapat bertahan dan berkembang," ujar Amir.

Melalui ajang Krenova ini juga mendorong kualitas dan capaian indeks inovasi daerah pada tahun 2024.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tegal Muhammad Faried Wajdy melaporkan bahwa Lomba Krenova tahun 2024 terbagi menjadi tiga kategori yaitu kategori pelajar SMP sederajat, kategori SMA sederajat dan kategori umum.

"Seleksi Krenova sudah berjalan cukup ketat, dimulai dari seleksi administrasi, seleksi substansi inovasi, kemudian wawancara pendalaman substansi inovasi, dan pada pagi hari ini dan esok hari adalah tahap gelar produk dan presentasi inovasi," ucap Faried.

Pendaftaran peserta krenova dan seleksi administrasi sendiri telah dimulai dari bulan Februari sampai April 2024 dan telah berhasil menjaring 79 peserta yang lolos seleksi administrasi dengan rincian 13 Inovasi dari kategori pelajar SMP sederajat, 45 Inovasi dari kategori SMA sederajat dan 21 inovasi dari kategori umum.

Pada tahap seleksi wawancara dilaksanakan pada 7 sampai 8 Mei 2024 oleh Tim Bappedalitbang, dari 79 inovasi tersebut terseleksi menjadi 34 inovasi terbaik yang masuk pada tahap gelar produk dan presentasi yang mewakili masing-masing kategori yaitu kategori Pelajar SMP sederajat sebanyak 9 inovasi, kategori Pelajar SMA sederajat sebanyak 16 inovasi dan kategori masyarakat umum sebanyak 9 inovasi.

Pada tahap gelar produk dan presentasi yang dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 4 Juli 2024 dari 34 inovasi terbaik tersebut akan disaring dan diperas kembali oleh juri dari unsur pemerintah, wirausaha dan akademisi hingga terpilih 3 inovasi terbaik dari masing-masing kategori.

"Bagi produk yang memenuhi kriteria akan kita fasilitasi untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)," pungkasnya.


Tag:




Link Pemerintahan


Link Lainnya