Infrastruktur Desa Lebeteng Mendapat Perhatian Penuh dari Pemkab Tegal


Diposting pada 22 July 2024, 11:16 Oleh ip


SLAWI – Pemkab Tegal kembali menggelar acara Tilik Desa yang berlangsung di Desa Lebeteng Kecamatan Tarub, Rabu (17/07/2024). Acara ini menjadi ajang penting bagi pemerintah untuk berdialog langsung dengan warga untuk mendengarkan aspirasi dan keluhan serta melihat kondisi desa secara langsung.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Suspriyanti mewakili Pj Bupati Tegal Agustyarsyah dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Lebeteng dan seluruh masyarakat atas kerja keras dan dedikasi dalam membangun desa.

“Kami menyadari beberapa infrastruktur di Desa Lebeteng masih perlu ditingkatkan. Saya berharap adanya upaya bersama, terutama dari Pemerintahan Desa agar pemanfaatan dana desa dapat dimaksimalkan dalam pembangunan infrastruktur desa," kata Suspriyanti.

Pemkab Tegal juga berkomitmen untuk memelihara ruas-ruas jalan kabupaten yang melewati Desa Lebeteng dengan skala prioritas. Selain itu, Suspriyanti juga mendorong Pemerintah Desa Lebeteng untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar desa semakin maju dan sejahtera.

Desa Lebeteng memiliki potensi unggulan berupa peternakan sapi dan industri rumah tangga pembuatan tahu aci. Suspriyanti menekankan pentingnya pengembangan lebih lanjut dari kedua potensi ini.  

Pengembangan peternakan sapi dengan memberikan dukungan ketersediaan lahan yang luas, sumber air yang melimpah dan masyarakat yang terbiasa beternak sapi sebagai modal dasar yang dapat dioptimalkan.

“Saya minta kepada dinas terkait agar dapat membantu pengelolaan peternakan sapi di Desa Lebeteng ini berupa dengan memanfaatkan klinik hewan, memberikan pelatihan, bantuan modal dan akses ke pasar termasuk pengolahan susu sapinya,” tambahnya.

Industri rumah tangga pembuatan tahu aci juga menjadi potensi besar lainnya. Tahu aci, sebagai makanan khas Tegal, sangat digemari masyarakat. Industri ini diharapkan dapat dikembangkan dengan

meningkatkan kualitas produk tahu aci dan memperluas jangkauan pasar.

"Pemerintah Daerah melalui dinas terkait saya mohon agar lebih mendukung industri rumah tangga ini dengan membangun infrastruktur pendukung, seperti sentra industri tahu aci maupun ruang pamer produk yang modern," kata Suspriyanti.

Pengembangan kedua potensi unggulan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Lebeteng, mendorong pertumbuhan ekonomi desa, menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Suspriyanti juga menyoroti masalah stunting di Desa Lebeteng. Sekitar 25 anak atau 8,2 persen dari populasi anak di desa tersebut terkena stunting, beliau menekankan pentingnya upaya penanggulangan melalui peningkatan gizi, edukasi kesehatan, dan perbaikan sanitasi lingkungan.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama dalam upaya penanggulangan stunting dan berharap Desa Lebeteng dapat mencapai zero stunting," harapnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Suspriyanti mengajak seluruh masyarakat Desa Lebeteng untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

"Kebersihan lingkungan sangat penting dalam menciptakan kehidupan yang sehat, nyaman, dan sejahtera. Jangan membuang sampah ke dalam saluran air, lakukan kerja bakti rutin untuk membersihkan lingkungan sekitar," pungkasnya.

Adapun Tilik Desa ini juga dihadirkan pelayanan publik seperti pelayanan kesehatan, pelayanan KB, pelayanan hewan ternak, pelayanan pembayaran pajak kendaraan oleh Kantor UPTD Samsat serta pembayaran PBB dan pajak daerah.


Tag:




Link Pemerintahan


Link Lainnya