Influencer, Peran Duta Wisata Era Digital 3.0


Diposting pada 12 August 2019, 12:52 Oleh Oka


Slawi - Era digital "internet of things 3.0" telah menggeser banyak peran di kehidupan sosial, tak terkecuali duta wisata. Dengan "smart personality"-nya, duta wisata harus mampu berperan sebagai "influencer" atau pribadi yang  mampu mempengaruhi minat banyak orang untuk datang berkunjung, berwisata ke Kabupaten Tegal. Pesan ini disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat membuka acara Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Tegal 2019 di Gedung Korpri Slawi, Jumat (9/8) malam.

Umi mengibaratkan peran duta wisata tak ubahnya seperti Nex Carlos, "youtubers" dengan 1,9 juta subscribers yang memberikan banyak pengaruh di segmen kuliner. "Untungnya saat ia ke Slawi untuk mengulas lesehan viral Lamongan bu Anny, sudah kita tutup warungnya, sehingga dampak negatifnya pada citra kuliner Tegal bisa dicegah", katanya.

Lebih lanjut, Umi mengungkapkan, penilaian kandidat duta wisata tidak hanya soal keanggunan fisik ataupun prestasinya semata, tapi juga mengukur kemampuannya sebagai "influencer", sebagai "public relation" yang mampu menepis isu negatif kepariwisataan. "Isi beranda media sosial kalian dengan unggahan foto, video dan ulasan naratif yang membangkitkan minat publik untuk berwisata kesini", ujarnya.

Umi juga mencontohkan kiprah "youtuber newbie" di bidang kebudayaan yang sedang naik daun, yaitu putra almarhum Ki Enthus Susmono, Haryo. "Meski terbilang baru, subscriber-nya di kanal putra satria laras tembus angka 15 ribu", katanya.

Dan duta wisata, imbuh Umi, tidak jauh perannya sebagai "content creator", bedanya yang diunggah adalah ajakan untuk berwisata.

Setelah melalui proses penjurian, gelar juara Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Tegal 2019 diraih pasangan Kres Ancelno, pelajar MAN 1 Tegal dan Yustika Dianwiyono mahasiswi Poltekkes Kemenkes Semarang. Sementara wakil I diraih pasangan Aghafi Kasatriya mahasiswa UPS Tegal dan Alifia Lareswari mahasiswi Undip Semarang.

Ditemui selepas acara, Kres sapaan akrabnya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh keluarga dan sahabat yang sudah mendukungnya sampai meraih gelar Mas Duta Wisata Kabupaten Tegal 2019.







Link Pemerintahan


Link Lainnya