FK METRA KABUPATEN TEGAL MENGIKUTI LOMBA PERTUNRA TAHUN 2021


Diposting pada 08 September 2021, 08:14 Oleh Aw


Slawi- Untuk mengoptimalkan penggunaan media tradisional sebagai sarana diseminasi informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah  menggelar festival pertunjukan rakyat pada Jum’at 20 Agustus 2021 dipendopo Amangkurat Kabupaten Tegal.

Setelah dibatalkan karena pandemi Covid-19 di tahun 2020, Lomba Pertunjukan Rakyat (Pertunra) Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-METRA) akhirnya diselenggarakan di tahun 2021 ini.

Namun, karena masih dalam situasi pandemi, pelaksanaan festival dilaksanakan secara daring, dengan mengunggah tampilan pertunjukkan rakyat tersebut di youtube FK Metra Kabupaten yang sudah ditentukan oleh penyelenggara.

Kemudian tema Lomba kali ini adalah Jogo Tonggo. Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong FK Metra dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mendukung program hiburan Gerakan Jogo Tonggo sekaligus sosialisasi gerakan Jogo Tonggo dalam rangka untuk mengatasi pandemic Covid-19 di Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kominfo Dessy Arifianto, mengatakan  Dengan diselenggarakannya lomba ini  diharapkan dapat memberikan apresiasi kepada Lembaga

Komunikasi Sosial khususnya FK Metra sebagai mitra pemerintah daerah dalam melakukan penyebarluasan informasi.

 

Di samping itu juga  untuk Meningkatkan kesadaran, inisiatif dan partisipasi lembaga media tradisional yang terdiri dari pembina, pemerhati seni, dan pelaku seni untuk peka terhadap situasi dan perkembangan masyarakat.

 

Sambung Kadis diskominfo, Lomba ini diikkuti oleh FK Metra seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Caranya dengan melaksanakan pertunjukan di daerah masing – masing, kemudian di dokumentasikan dalam bentuk video selanjutnya dikirim kepada Panitia dan di unggah di akun youtube masing-  masing peserta. Diunggah paling lambat tanggal 30 Agustus 2021.

Dessy Arifianto mengungkapkan  FK Metra Kabupaten Tegal  yang bernama GEMREGAH pada lomba kali ini menampilkan lakon SAKA 5, yang intinya pencegahan Covid-19 itu dari 5 M. ditampilkan oleh kolaborasi tim seni tradisional dari Kepunduhan, Dalang Ki Sri Widodo, Dalang Ki Sri Waluyo, musisi Hari dan Jimmy cs dari Bumijawa, dan koreografi oleh Wahyu Ranggati.

Menurutnya Sesuai dengan konsep juknis dari Panitia, pentas seni dengan tema Jogo Tonggo ini diharapkan memenuhi empat unsur atau bidang, yakni, bidang kesehatan, ekonomi, sosial keamanan, dan hiburan.

Panitia selain menyediakan hadiah uang pembinaan Total sebesar Lima Puluh Tujuh Juta Rupiah juga bantuan pelaksanaan kegiatan. Semoga FK Metra Kabupaten Tegal pada lomba kali ini bisa mendapatkan predikat juara. Pungkasnya (Diskominfo Kab. Tegal/Aw).






Link Pemerintahan


Link Lainnya