DISKOMINFO KABUPATEN TEGAL SELENGGARAKAN PELATIHAN “INCAKAP” 2021.


Diposting pada 06 September 2021, 08:20 Oleh EW


Slawi- Sebagai salah satu Upaya agar masyarakat Kabupaten Tegal dapat memanfaatkan internet secara cerdas, kreatif dan produktif, selain itu juga  untuk meminimalisir aktivitas dan dampak negative dari mpenggunaan Internet maka  Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Pelatihan “INCAKAP” (Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif) bertemakan  “Optimasi e-commerce dan Sosial Media dimasa Pandemi”.

Pelatihan INCAKAP  tersebut yang semula akan dilaksanakan 7 Juni s.d. 10 Juni 2021 tetapi karena situasi dan kondisi PPKM  di Kabupaten Tegal maka  di selenggarakan  30 Agustus s.d. 2 September 2021 di Ruang Rapat Gedung Dadali  diikuti oleh 100 orang terdiri dari masyrakat umum, pelaku usaha dan mahasiswa dengan jadwal pelaksanaan  4 hari dan setiap hari diikuti oleh 25 orang peserta dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan secara ketat.

Kemudian Narasumber dalam kegiatan Pelatihan INCAKAP 2 oraang  Relawan TIK membawakan materi “Jualan Online di tengah pandemi” dan 2 orang dari Dinas Kominfo Kabupaten Tegal yang membawakan materi "Pengenalan aplikasi Dolan (Dodolan Online) untuk UKM Kabupaten Tegal" dan "Sosialisasi Aplikasi Smart City Segalengko (Sistem Elektronik Cerdas Kabupaten Tegal Lengkap dan Komplet)"

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kominfo Dessy Arifianto, mengatakan  pengenalan TIK bagi masyarakat dalam bentuk peltihan Incakap memang bertujuan untuk peningkatan pengetahuan masyarakat dalam mengakses dan menggali informasi yang terdapat di dalam berbagai aplikasi internet.

Di samping itu juga  untuk agar para peserta dapat menularkan pengetahuannya kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya sehingga nantinya masyarakat pada umumnya dapat mendayagunakan internet untuk kegiatan-kegiatan positip secara Cakap.

Sambung Kadis diskominfo,  Disamping itu, mereka (peserta) juga diharapkan dapat menjadi pionir di lingkungan sekitarnya untuk lebih cerdas menghadapi/menerima informasi-informasi negatif seperti hoax, pornografi, heatspeech, dan semacamnya

Menurut Dessy Arifianto  Kegiatan Pelatihan Incakap ini sebagai upaya agar masyarakat Kabupaten Tegal  dapat memanfaatkan internet secara cerdas, kreatif dan produktif, selain untuk meminimalisir aktivitas dan dampak negatif internet.

Melalui Kegiatan Pelatihan Incakap, pihaknya berharap edukasi maupun Training of Trainer Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif, masyarakat akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan tidak hanya bagaimana cara mengakses Internet yang cerdas sehingga aman dalam pemanfaatannya namun juga kreatif dan produktif yang dapat memberikan nilai tambah dan daya guna pemanfaatan Internet yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” Pungkasnya. ( Diskominfo Kab.Tegal/EW).   






Link Pemerintahan


Link Lainnya