Diposting pada 19 December 2024, 15:38 Oleh ip
SLAWI - Dinas Komunikasi dan Informatika
(Diskominfo) Kabupaten Tegal menerima kunjungan kerja dari Diskominfo Kabupaten
Cirebon pada Rabu (18/12/2024) di Ruang Rapat Struktural Diskominfo Kabupaten
Tegal.
Kegiatan ini bertujuan untuk studi komparasi terkait penyelenggaraan
layanan darurat Call Center 112, yang telah berjalan di Kabupaten Tegal sejak
17 Agustus 2022.
Sekretaris Diskominfo Kabupaten Tegal Aji Sri Mulyanto menyambut baik kunjungan ini
sebagai kesempatan untuk berbagi pengalaman dan strategi dalam pengelolaan
layanan darurat.
"Layanan Call Center 112 menjadi salah satu wujud komitmen kami
untuk memberikan respons cepat dalam situasi darurat. Dengan kunjungan ini,
kami berharap kedua pihak dapat saling belajar untuk meningkatkan pelayanan
kepada masyarakat," ungkapnya.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten
Tegal Kusnianto memaparkan pembentukan Call Center 112, mulai dari dasar hukum
hingga tahapan implementasi.
“Layanan ini melibatkan Polres Tegal, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI,
dan berbagai instansi lainnya, sehingga mampu menangani berbagai situasi
darurat seperti kebakaran, kecelakaan, hingga bencana alam,” jelas Kusnianto.
Dalam kunjungan ini, Diskominfo Kabupaten Cirebon mempelajari model
integrasi layanan 112 Kabupaten Tegal, termasuk sistem koordinasi, pelatihan
operator, dan strategi pengelolaan sumber daya.
Kepala Bidang Statistik, Persandian, dan E-Government Diskominfo
Kabupaten Cirebon Endang Sri Pujiastusi menyatakan, "Kami terinspirasi
oleh penerapan layanan 112 di Kabupaten Tegal dan berharap dapat mengadopsi layanan
ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Cirebon, sehingga
dapat memberikan respons yang lebih cepat dan tepat dalam menangani situasi
darurat."
Kunjungan ini sebagai komitmen bersama untuk memperkuat kolaborasi
antara kedua daerah serta diharapkan layanan Call Center 112 dapat terus
ditingkatkan demi kemaslahatan masyarakat.