BUPATI TEGAL UJI PUBIK KIP AWRD PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2023


Diposting pada 07 December 2023, 10:16 Oleh EW


Slawi - Usai dinyatakan lolos di tahap kualifikasi penilaian Website, SAQ, Verifikasi dan Visitasi dalam Pemeringkatan keterbukaan Informasi Publik Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023 yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Bupati Tegal  Umi Azizah  selaku pimpinan badan publik Pemerintah Kabupaten  Tegal yang di damping Kepala Dinas Kominfo Nurhayati,  Kepala OPD terkait serta tim PPID  Pemerintah Kabupaten Tegal   melaksanakan tahap Penilaian Uji Publik  "keterbukaan Informasi dengan Tema “Membangun Badan Publik yang Terbuka dan Inovatif dalam Mewujudkan Good Governance”, Rabu, 6 Desember 2023 di Ruang 2 Gedung Universitas Semarang (USM) Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang,Jawa Tengah

Pada kesempatan itu, Bupati Tegal Umi Azizah memaparkan komitmennya  selaku pimpinan badan pulik dalam   Implementasi Kebijakan publiknya  terkait program, kegiatan,  anggaran, Inovasi dan penggunaan teknologi informasi yang mendukung penyelenggaraan Pemeirntahan yang terbuka.

Depan tiga panelis, yakni Indra Ashoka Indrayana, SE (Ketua Komisi Informasi  Provinsi Jawa Tengah), Prof. DR. Lita Tyesta Addy Listya Wardhani SH, M.Hum (Dosen Fakultas Hukum UNDIP) dan  DR. Lintang Ratri Rahmiaji, S.Sos, M.Si (Dosen Fisip UNDIP), Bupati Tegal memaparkan presentasi uji publik dengan lugas dan jelas berkaitan dengan Keterbukan Informasi Publik diinstasinya.

"Pemkab Tegal, terus berupaya menyampaikan kepada masyarakat mengenai kebijakan, program, kegiatan, dan anggaran. dalam  membangun Pemerintah Kabupaten Tegal selaku Badan Publik yang Terbuka dan Inovatif dalam Mewujudkan Good Governance”. Tidak ada yang kita tutup-tutupi, justru kita buka seluas-luasnya, Ungkap Bupati Tegal.

“Hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai kebijakan nasional yang kami operasionalkan melalui sejumlah kebijakan, Program dan kegiatan  di tingkat daerah.Jelasnya

"Kami manfaatkan kemajuan teknologi untuk menunjang Keterbukaan Informasi Publik dengan memanfaatkan Website dan  akun media sosial seperti facebook, Instagram, Youtube, dan twitter dengan harapan, masyarakat makin mudah mengakses informasi publik PPID Pemkab Tegal,"Kata Umi

Pemerintah Kabupaten Tegal  selalu berupaya untuk transparan. bahkan, pihaknya selalu mengingatkan jajarannya agar tranparansi itu jadi nafas ketika melayani masyarakat dalam setiap kesempatan, saya pesan agar ASN juga harus terbuka, ini  tak lain agar pemenuhan hak atas informasi bagi masyarakat bisa tercapai," Pungkasnya.

Pada Kesempatan yang sama Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Indra Ashoka Indrayana dalam tanggapanya mengatakan bahwa presentasi Uji Publik Bupati Tegal selaku Pimpinan badan publik sangat lugas dan Jelas, oleh karenanya   tak perlu kami banyak bertanya.

Upaya dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik di instasinya sangat baik dengan dilakukanya Monev tata kelola layanan informasi publik setiap tahun pada perangkat daerah selaku PPID Pelaksana merupakan langkah yang patut kami apresiasi. Kata Ketua KI Prov Jateng. (Diskominfo Kab. Tegal).






Link Pemerintahan


Link Lainnya