Buka Pesta Siaga, Bupati Tekankan Pramuka Jadi Pelopor PHBS


Diposting pada 09 March 2020, 16:04 Oleh s@n


Lebaksiu – Bupati Tegal Umi Azizah membuka secara resmi kegiatan Pesta Siaga Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, Sabtu (7/3) di Taman Teknologi Pertanian, Kesuben Kecamatan Lebaksiu.

Dalam sambutannya Umi mengatakan, Pramuka harus menjadi pelopor perilaku hidup sehat (PHBS) untuk pencegahan terhadap penularan penyakit. “Sebagai garda terdepan pramuka harus menjadi pelopor dan teladan hidup sehat” kata Umi.

Salah satunya menurut Umi, adalah gerakan mencuci tangan sebelum makan dan setelah makan ataupun setelah beraktifitas. Lalu tidak mengusap wajah, menyentuh hidung dan mulut serta mengucek mata dengan tangan yang belum dicuci, tambahnya. "Langkah ini diyakini bisa mencegah penularan Virus Corona," ujarnya

Cara mencuci tangan yang direkomendasikan WHO sendiri adalah menggunakan sabun atau cairan yang mengandung alkohol, dengan langkah-langkah yang menurut Hendadi disebut Tepung Selaci Buku. Pertama adalah mengusap telapak tangan, lalu dilanjutkan mengusap punggung tangan. Selanjutnya menggosok sela-sela jari lalu gerakan mengunci jari-jari. Yang terakhir adalah gosok memutar ibu jari lalu memutar kuku ditelapak tangan.

Panitia Pesta Siaga Makmuri menjelaskan, Pesta Siaga diikuti 360 Pramuka Siaga, terdiri dari satu barung putra dan satu barung putri yang masing-masing berjumlah 10 perutusan Kwartir Ranting se Kabupaten Tegal. "Peserta harus berkompetisi di delapan taman kegiatan untuk memperebutkan Juara, yang nantinya akan mewakili Kabupaten Tegal diajang Pesta Siaga Kwarda Jawa Tengah Binwil Pekalongan 20 Maret 2020 di Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kabupaten Tegal," terangnya.

Dari ajang tersebut berhasil menempatkan Barung Tergiat putra yakni Tergiat I Kwarran Margasari, Tergiat II Kwarran Slawi, dan Tergiat III Suradadi. Sedangkan untuk Barung Putri, Tergiat I Kwarran Dukuhturi, Tergiat II Kwarran Margasari dan Tergiat III Kwarran Dukuhwaru. (s@n)





Link Pemerintahan


Link Lainnya