BINCANG KREATIF “ PROGRAM LITERASI DIGITAL KABUPATEN TEGAL CAKAP DIGITAL”


Diposting pada 23 June 2021, 12:13 Oleh EW


SLAWI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegal bekerja sama dengan Radio Slawi Fm menyelenggarakan Talkshaw Bincang Kreatif di Studio Radio Slawi FM,  kegitaan tersebut di mulai pukul 10.00 Wib siang yang  disiarkan secara langsung di Studio  dan Chanal youtube Slawi FM  pada selasa 22 Juni 2021.

Talkshaw Bincang Kretaif yang bertemakan “Program Literasi Digital Kabupaten Tegal Makin Cakap Digital”  Bersama Nara Sumber KRT Rosa Mulya Aji selaku Runner I Program Literasi Digital dan Sri Hono Wiharto Runner 2 Program Literasi Digital Kabupaten Tegal sebagai Hostnya Mery  Honey.

Dalam kesempatan itu Rosa Mulya Aji selaku Runer I Program Literasi Digital Kabupaten Tegal menjelaskan “Literasi Digital” adalah pengetahuan dan kecakapan untuk untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan , mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkanya dengan secara sehat, bijak,cerdas dan cermat, dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Implementasi Literasi Digital yang dilakukan di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang Litaerasi Digital dan di lakukan dalam bentuk seminar dan diskusi online dan Offline dengan peserta dari guru dan orang tua, pelajar/mahasiswa, PNS/TNI/Polri, petani, nelayan, dan pelaku UMKM, Lembaga Swadaya masyarakat serta masyarakat umum. Kata Rosaa.

Kegiatan Literasi Digital ini akan melibatkan penyedia jasa/Even Organizer (EO), Project Implementasi Unit (PIU) dan Tim Literasi Digital, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika,Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Pungkasnya

Senada Sri Hono Wiharto Runer 2 Program Literasi Digital Kabupaten Tegal Tujuan Literasi Digital adalah untuk Meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, kreatifitas, dan kecakapan teknologi digital, Meningkatkan dan mengembangkan kapasitas budaya penggunaan teknologi digital yang aman.

Menurut Sri Hono Wiharto disamping itu tujuan Literasi Digital Juga Mendorong peningkatan kecakapan dasar anti konten negatif (anti hoax, anti cyberbullying, anti ujaran kebencian, anti pornografi, anti pembajakan, anti radikalisme, anti SARA, dan sebagainya.

Objek Literasi Digital adalah masyarakat Indonesia dari berbagai usia, jenis profesi, latar belakang budaya, lapisan ekonomi dan struktur sosial dengan melibatkan berbagai mitra, pelaksana, media provider, media mainstream, media digital dan pemerintah daerah. Ujarnya

Ia berharap dengan adanya  Program Literasi Digital semoga dapat Terwujud masyarakat Kabupaten Tegal  yang cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan Internet.

Kemudian  dapat  Meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar dampak negatif penggunaan Internet lainnya.sehingga tercipta  budaya Literasi Digital di masyarakat . Pungkasnya (Diskominfo Kab. Tegal/Ew).






Link Pemerintahan


Link Lainnya