“BINCANG KREATIF” : DONOR DARAH BERMANFAAT BAGI KESEHATAN TUBUH


Diposting pada 16 June 2021, 07:44 Oleh EW


Slawi- Melalui peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2021 dengan tema "Donorkan Darahmu dan jaga dunia Agar tetap berdetak ",Ketua Bidang UKTD PMI Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji  mengajak  seluruh lapisan  masyarakat  kembali  mendonorkan  darahnya  secara  rutin dengan taat pada protokol kesehatan yang berlaku karena sangat membantu dan dapat menyelamatkan orang lain.

Menurutnya hal tersebut dapat  menjadi momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan sekaligus menyehatkan tubuh karena banyak manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh pendonor maka orang sehat tak perlu ragu untuk mendonorkan darahnya bahkan dirinya secara rutin mendonorkan darahnya sudah 15 kali. Kata Hendadi Setiaji dalam Acara talkshow  “Bincang Kreatif” yang di siarkan secara Live di studio Radio Slawi FM dan kanal youtobe pemkab.tegal Selasa 15 /6/2021.

Donor darah juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen. Enggak cuma itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Ujarnya.

Sementara itu Kepala UDD PMI Vega Hapsari mengatakan, Enggak semua bisa jadi pendonor Selain mesti melewati berbagai prosedur, donor darah juga memiliki persyaratan tersendiri. Sebelum  mendonorkan darahnya, pendonor harus istirahat yang cukup  minimal 4 jam,  makan dulu dan perbanyak minum air putih . Sedangkan berat badannya minimal 45 kg, dengan tekanan darah sistole itu 100 s.d. 160 dan diastole di bawah 100. Selain itu pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5–17 grams, per deciliter (dL).Jelasnya

Ia mengungkapkan  Donor darah tidak memiliki efek samping justru banyak manfaatnya, donor darah dapat  meningkatkan produksi sel darah merah seseorang ,yang mendonorkan darahnya secara teratur, tubuhnya akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

“ Maka kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang biasa donor darah secara sukarela untuk melakukan donor darah secara rutin  melalui PMI untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain sehingga bisa menjaga stok darah untuk mebantu warga masyarakat yang membutuhkan. Pungkasnya (Diskominfo Kab. Tegal/ Ew).






Link Pemerintahan


Link Lainnya