MENGAPA MEREKA BISA KITA TIDAK BISA


Diposting pada 23 July 2020, 14:34 Oleh PATRIAWATI NARENDRA, S. KM, M.K.M


Terpikir ga sih...jika semua fasilitas umum kita terjamin dan tersedia dengan gratis, dari mulai public transportation yang gratis nyaman aman dan terjamin, air bersih siap minum (seperti di Netherland and negara2 Eropa lainnya), jalan yang mulus dan memiliki fitur cuaca yang akan memberikan tanda jika jalanan licin, hujan dan memiliki lampu penerangan yang terang serta memadai no berlubang, no bergelombang, belum lagi dengan tempat terbuka hijau yang bersih dan nyaman hmmm pasti indah nian, perubahan memang membutuhkan proses, dan proses membutuhkan sebuah keuletan dan kerja keras, kerja keras tak akan mudah tercapai apabila tidak conqruen, tidak sepaham, tidak satu kata, satu tujuan, istilah Jawanya “Sak Iyek Sak Eko Kapti” bersatu dalam cita dan “Sak Iyek Sak Eko Proyo” bersatu dalam karya.

Perubahan akan tercapai apabila dapat menggeser mindset (baca: pola pikir) dan paradigma (baca: kerangka berpikir, cara pandang seseorang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif) yang kuno dan sangat merugikan). Apakah itu mudah tentu tidaklah mudah..apakah itu gampang? Tentu tidak gampang, akan tetapi merupakan sebuah keharusan, bahwa Bangsa ini harus maju, berbenah, dan berubah agar dapat mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pertanyaannya lalu, jika bangsa-bangsa yang lain bisa, mengapa kita tidak bisa, mengapa bangsa lain sukses dengan negara terbersih dari korupsi lalu mengapa kita belum bisa, mengapa bangsa lain sukses menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dari korupsi lalu mengapa kita belum bisa...OTT dan OTT lagi..Korupsi dan Korupsi lagi tiada henti..pengen donk seperti mereka tentunya..menyandang Negara terbersih dari Korupsi, pengen donk melihat rakyat hidup adil makmur dan sejahtera...pengen donk rakyat terjamin semua kebutuhan primernya...jalan mulus, listrik murah, sembako murah meriah, sekolah gratis, kerjaan mudah, hidup menjadi istiqomah aamiin.

Boleh donk mengintip strategi mereka, mindset mereka, paradigma mereka, vision mereka dan usaha mereka, how to make their citizen happy? Gimana sih kok bisa sukses dengan menjadikan negaranya bersih dari korupsi, dulu Jerman terpuruk dengan Nazi-nya dan pemerintahan Hitler atau Belanda yang terpuruk dengan badai banjir yang maha dahsyat

sehingga merenggut jutaan nyawa atau Singapura negara kecil yang merdeka dari Kerajaan Inggris tahun 1965 dan sekaligus mampu menjadi negara dengan pusat keuangan terdepan nomer 4 didunia..amazing bukan?suatu anomali dari keterpurukan, menjadikan sebuah kegagalan menjadi sebuah kesuksesan. Nah bagaimana dengan INDONESIA..PASTI BISA!!!!

Berikut ini adalah 10 negara yang bersih dari korupsi menurut Corruption Perception Index 2015 diambil dari 13 Survei yang berbeda dan hasil assement dari 12 institusi yang berbeda, hasl akhir CPI mengindikasikan tingkat korupsi pada sektor publik:

1. Denmark terletak di Skandinavia di Eropa Utara, negara yang berpenduduk 5.668.743 dan luas wilayah 42.915 KM² beribukota di Kopenhagen ini, Denmark memiliki skor 91.

2. Finlandia terletak di Eropa Utara, beribukota di Helsinki, negra yang berpenduduk 5.477.359 dan luas wilayah 338.424 KM², Finlandia memiliki skor 90.

3. Swedia merupakan sebuah negara Nordic di Eropa Utara, Negara ini merupakan negara terluas di Uni Eropa dengan luas wilayah 450.295 KM² dan berpenduduk 9,8 juta jiwa, beribukota di Stockholm, memiliki skor CPI 89 atau naik 2 skor dari tahun sebelumnya 87.

4. New Zealand, terdiri dari 2 pulau besar, dan beribukota di Wellington, berpenduduk 4,44 juta jiwa dan memiliki luas wilayah 263.310 KM², Memperoleh skor 88 dan membuatnya menjadi Negara terbersih dari korupsi urutan ke-4. Hasil ini turun 3 angka dari tahun lalu yaitu 91.

5. Belanda, sebuah negara Kerajaan Belanda terdiri dari 12 Provinsi di Eropa Barat Laut, Belanda merupakan negara yang berpermukaan rendah dengan 20 % wilayahnya dan 21% populasinya berada dibawah permukaan laut, dan 50% tanahnya kurang dari 1 meter diatas permukaan laut, beribukota di Amsterdam ini memiliki skor 87 naik 4 angka dari tahun sebelumnya yaitu 83 yang menjadikan negara ini bebas korupsi peringkat ke-5.

6. Norwegia merupakan negara Nordic di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Finlandia, Swedia, dan Rusia, dan beribukota di Oslo, memiliki luas total 385.525 KM² dan berpenduduk 4,9 juta jiwa, negara yang memiliki kapadatan terendah di Eropa, memiliki skor CPI 87 naik dari tahun sebelumnya 86.

7. Swiss merupakan negara yang berbatasan dengan Jerman, Italia, Perancis, Austria, terdapat 4 bahasa resmi, Jerman, Perancis, dan Italia dan Roma, negara yang netral beribukota di Berc, memiliki luas wilayah 41.285 KM² dan populasi 8 juta jiwa, memiliki skor 86 sama seperti tahun sebelumnya.

8. Singapura Negara di Semenanjung Malaya merupakan negara pusat keuangan terdepan ke empat didunia, dengan luas wilayah 716 KM² dan populasi sekitar 5.535.000 jiwa, memiliki skor CPI 85 dan menjadikan negara terbersih ke delapan.

9. Canada, merupakan negara yang paling utara dan paling luas di Amerika Utara, beribukota di Ottawa, negara yang menganut Monarkhi Konstitusional ini diklasifikasikan menjadi negara maju dan bergantung pada hasil alam yang melimpah, memiliki luas wilayah 9.979.610 KM² dan populasi 35. 749.600 jiwa, memiliki skor 83.

10. Jerman, merupakan negara Federasi di Eropa Barat, memiliki luas 357.021 KM² (dua setengah kali pulau Jawa) dan populasi 82 juta jiwa, terdiri dari 16 negara bagian menjadi anggota kunci Uni Eropa, memiliki skor CPI 81 naik dari tahun sebelumnya 82.

Bagaimana dengan negara kita, menurut CPI 2015 diantara 168 negara, Indonesia berada di posisi 88 dengan skor CPI 36 atau naik 2 poin dari tahun 2014 yaitu 34, sebuah angka yang mutlak membutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, agar tingkat korupsi Indonesia berkurang dari tahun ke tahun sehingga rakyatnya dapat hidup secara adil, makmur, dan sejahtera, gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja..aamiin. Semoga Indonesia kedepan semakin baik, semakin amanah, semakin menyanyangi rakyatnya, semakin ikhlas dalam berkontribus kepada rakyatnya dan semakin ingin memajukan rakyat dan bangsa Indonesia untuk kembali berkibar di kancah panggung Internasional aamiin segala harapan dan cita-cita menyatu yang menginginkan bahwa penegakan hukum di Indonesia tidak tumpul keatas tetapi tajam kebawah, hukum bukan merupakan produk politik akan tetapi hukum merupakan penjamin kepastian dari hak-hak rakyat, hukum yang adil dan normatif, tegas tidak berpihak setidaknya dapat menciptakan trust rakyat meningkat. Tanamkan terus jiwa patriotisme dan nasionalisme dibenak sanubari generasi muda dan mencerdaskan masyarakat untuk cerdas dalam politik dan jeli dalam memberikan hak suaranya, cerdas dalam berpolitik tidak hanya mau dan mampu menolak

semua manuver-manuver politik yang negatif (baca: money politik) tetapi cerdas berpolitik memberikan sebuah prinsip kebersamaan yang mengedepankan kemaslahatan bersama daripada keuntungan pribadi dan individu.

Mari kita mulai Indonesia yang bersih dari Korupsi mulai dari diri sendiri, hari ini, jam ini dan detik ini, bahwa sesungguhnya praktek anti korupsi tersebut antara pertautan hati dan keimanan diri, bukan karena orang lain, dan bukan karena tekanan atau paksaaan..pure tergantung bagaimana kita dalam menyikapinya..mau stop korupsi atau cegah korupsi sedini mungkin, sesungguhnya berfoya-foya diatas penderitaan orang lain itu kejam dan menderitakan, yakinlah hidup yang berkah dan barokah adalah hidup yang diridhoi oleh Allah dan oleh sesama mahluk dimuka bumi ini..so lets make them happy and smile soonly..tolak korupsi..tolak penderitaan negeri!!!

PATRIAWATI NARENDRA, S. KM, M.K.M

Staf Dinas P3AP2 & KB Kabupaten Tegal

Penyuluh Anti Korupsi KPK 2019

Awardee PPSDM Scholarship Kemenkes RI 2017

Penulis Terbaik Mozaheksa PPI Perancis 2016

Juara 1 Penulis Veteran’s Day Aminef Fulbright USA 2015






Link Pemerintahan


Link Lainnya