♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Bupati Enthus Buka Musrengbang RKPD 2018

2017-03-31 10:58:43


KET FOTO - Bupati Tegal, Enthus Susmono membuka Musrenbang Tahun 2017 di Taman Rakya Slawi (TRASA), Rabu (29/3)


SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018. Musrenbang berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni Rabu (29/03/2017) sampai dengan Jumat (31/03/2017) di Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA).


Musrenbang Kabupaten Tegal tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono dan dihadiri sejumlah tokoh diantaranya Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, DPRD Kabupaten Tegal, Forkompinda, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat lain


Dalam sambutannya Bupati Tegal Enthus Susmono mengatakan, penyelenggaraan Musrenbang tahun ini merupakan penjabaran tahun ke-4 dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Tegal 2014-2019 yang nantinya akan dirumuskan ke dalam dokumen RKPD Kabupaten Tegal Tahun 2018 guna mendukung pencapaian visi pembangunan Kabupaten Tegal yaitu Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tegal yang Mandiri, Unggul, Berbudaya, Religius dan Sejahtera melalui gerakan "4 Cinta", yaitu Cinta Desa, Cinta Rakyat, Cinta Produk Tegal dan Cinta Budaya Tegal.


"Memperhatikan hasil evaluasi kinerja pembangunan daerah, perkembangan lingkungan eksternal dan internal, serta komitmen untuk terus meningkatkan daya saing daerah, maka arah kebijakan pembangunan Kabupaten Tegal Tahun 2018 lebih ditekankan pada upaya "Meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan pemantapan infrastruktur," tandas Bupati


Bupati Enthus mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tegal ikut serta terlibat dalam proses penyusunan rencana pembangunan Kabupaten Tegal agar tumbuh rasa memiliki, handarbeni dan tanggung jawab dalam mendukung, nyengkuyung program pembangunan serta ikut mengawasi jalannya pemerintahan daerah, termasuk mengawasi penggunaan anggaran belanja dan nilai kemanfaatannya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.


"Sejalan dengan itu, untuk kedua kalinya kita gelar Musrenbang Kabupaten Tegal ini di Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA) selama tiga hari. Hal ini bertujuan agar warga masyarakat dapat dengan mudah mencermati agenda penyelenggaraan pembangunan daerah dan kemudian terlibat aktif memberikan saran, kritikan dan masukan kepada SKPD terkait di stand-nya masing-masing," kata Bupati


Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan beberapa agenda pokok pembangunan strategis tahun ini yang tengah dikerjakan antara lain percepatan pembangunan infrastruktur; rehab rumah tidak layak huni; pembangunan jamban keluarga melalui Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM); dan penutupan seluruh lokalisasi di Kabupaten Tegal.


Sebagai gambaran umum perlu saya sampaikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tegal memang mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Adapun IPM tahun 2016 lalu mencapai 65,9. IPM ini perlu kita tingkatkan lagi minimal diatas rata-rata IPM Provinsi Jawa Tengah. Sementara untuk tingkat kemiskinan, data sementara jumlah penduduk miskin di Kabupaten Tegal tahun 2016 menurun dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 9,83%.


Tahun 2018, kami mentargetkan penurunan tingkat kemiskinan di angka 8,75 %. Penurunan yang sama juga terjadi pada tingkat pengangguran terbuka yang pada tahun 2016 mencapai 9,24% dari total angkatan kerja. "Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas partisipasi, dukungan, dan kerjasama semua pihak, sehingga penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten Tegal ini dapat berjalan tertib, lancar, dan sukses," pungkasnya


Rangkaian kegiatan Musrenbang Kabupaten Tegal, Kamis (30/3) bertempat di TRASA diisi Sarasehan yang mengangkat tema Pembangunan Ekonomi Kerakyatan melalui Inovasi di Bidang Kreatif yang Memiliki Nilai Tambah dan Berdaya Saing yang akan menghadirkan narasumber Sekretaris Utama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia. Dilanjutkan pada hari Jumat (31/3) digelar sarasehan dengan tema Optimalisasi PAUD menjadi Agen Penggerak Gerakan Nasional PAUD Berkualitas, Agen Penggerak Pendidikan Keluarga dan Agen Penggerak Gerakan Pembelajaran Aku Anak Jujur dengan menghadirkan Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. (s@n)

 

Berita Pilihan

Kepala DPMPTSP Jawa Tengah Resmikan Dua Pabrik Di Balapulang

Balapulang - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, Sc , yang mewakili Gubernur Jawa Tengah meresmikan dua pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Balapulang No. 60.RT 08 RW 05 Desa BalapulangWetan, Kec.Balapulang, Kabupaten Tegal Kamis (12/10).

KARYA BHAKTI TNI PERKOTAAN RESMI DIBUKA BUPATI TEGAL

SLAWI - Program karya bhakti TNI perkotaan atau biasa dikenal sebagai Tentara Manunggal Membangun Kota (TMMK), merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat dengan sasaran wilayah Kota Kabupaten.

41 KK di Kecamatan Tarub Dapat Bantuan Jambanisasi

TARUB -Sebanyak 41 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Tarub mendapatkan bantuan program jambanisasi dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tegal. Bantuan tersebut diperuntukan untuk 3 Desa di Kecamatan Tarub yang meliputi Desa Bulakwaru, Kalijambe dan Kedungbungkus.

Serah Terima Bantuan Rumah Pasca Bencana Tanah Longsor Desa Dermasuci

PANGKAH -Acara Serah terima rumah bantuan pasca bencana longsor di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah dari tanggung jawab sosial perusahaan  atau Dana CSR (corporate Social Responsibility) yang dilaksanakan senin (27/9) di tempat relokasi dimana rumah tersebut dibangun. Hadir dalam acara tersebut Wakli Bupati Tegal, Kepala BPBD Kab Tegal, Muspika Kecamatan Pangkah, Pimpinan Bank Mandiri , Pimpinan BUMD Pemkab Tegal dan Kepala Desa serta warga masyarakat Desa Dermasuci .

MENHUB AJAK SANTRI MA’HADUT THOLABAH BANGUN SEKTOR TRANSPORTASI

SLAWI - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Ponpes Ma'hadut Tholabah Babakan, Lebaksiu, Sabtu (23/9). Dalam kesempatan itu, Menhub mengajak para santri di lingkungan Ponpes Ma'hadut Tholabah, Babakan, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal untuk ikut membangun sektor transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tanggal berita : 2017-10-16 16:18:27

ADIWERNA - Bupati Tegal menghadiri secara langsung kegiatan Penjamasan Astana Kanjeng Susuhunan Amangkurat Agung atau prosesi penjamasan makam dan menggelar doa tahlilbertempat di makam Amangkurat Agung Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Senin (16/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-16 16:10:58

SLAWI - Sedikitnya 90 siswa taman kanak-kanak (TK) Masyitoh Muslimat NU Kademangaran, Kecamatan Dukuhturi menyambangi kantor Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Tegal, Sabtu (14/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 15:40:15

SLAWI - Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial mengirim wanita Diduga Pekerja Seks Komersial (PSK) ke Panti Sosial untuk direhabilitasi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 10:26:23

Balapulang - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, Sc , yang mewakili Gubernur Jawa Tengah meresmikan dua pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Balapulang No. 60.RT 08 RW 05 Desa BalapulangWetan, Kec.Balapulang, Kabupaten Tegal Kamis (12/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 09:43:52

TEGAL - Bupati Tegal, Enthus Susmono dan Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto S.Sos beserta jajarannya dan anggota FKPPI Kabupaten dan Kota Tegal nonton bareng (Nobar) film dengan judul "Merah Putih Memanggil" di gedung bioskop cinema Transmart Kota Tegal.  Rabu,(11/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 09:37:24

SLAWI - Dana Bantuan Oprasional Pendidikan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Tegal tahun 2017 mencapai Rp. 18.628.000,- yang digunakan untuk membiayai 31.048 siswa dari 714 PAUD.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 09:33:37

SLAWI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal resmi melanunching tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tegal (Pilbup) dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub) Tahun 2018 di Taman Rakyat Slawi Ayu, Selasa (10/10). Hadir dalam acara tersebut Bupati Tegal, Jajaran Frokompinda, perwakilan KPU Provinsi Jawa Tengah, Sekda Kab. Tegal dan masyarakat umum.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 10:28:16

SLAWI - Program karya bhakti TNI perkotaan atau biasa dikenal sebagai Tentara Manunggal Membangun Kota (TMMK), merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat dengan sasaran wilayah Kota Kabupaten.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 09:29:13

SLAWI - Aksi Pramuka Peduli Rohingya melalui Gerakan Bumbung Kemanusiaan yang dihimpun Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal mulai disalurkan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-10 11:16:31

BUMIJAWA - Ada yang berbeda dari penyambutan tim penilai lomba Kwartir Ranting Tergiat tahun 2017 yang menyambangi Kwarran Bumijawa, Minggu (8/10) di Gedung Handayani Center Komplek Sanggar Pramuka setempat.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »