♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Wabup : Ajang MQK Tunjukkan Eksitensi Pondok Pesantren

2016-11-30 15:23:20


KET FOTO - Wabup, Dra Umi Azizah saat memberikan sambutan pada Pembukaan Musabaqoh Qiroatul Kutub tingkat Jawa Tengah di Ponpes Mahadut Tholabah Lebaksiu, Senin (28/11)


SLAWI - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah menilai penyelenggaraan Musabaqah Qira atil Kutub (MQK) penting dalam meningkatkan peran dan eksistensi pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam untuk mencetak kader ulama, da i, muballigh, ustadz dan tokoh masyarakat di masa depan yang memiliki pemahaman komprehensif terhadap ilmu-ilmu agama Islam (diraasah al-islamiyyah) langsung dari sumber utamanya, yaitu kitab kuning atau kutub at-turats.


Hal itu dikatakan Wabup, Dra Umi Azizah saat Pembukaan Musabaqah Qira atil Kutub Tahun 2016 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ponpes Ma hadut Tholabah Babakan Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Senin (28/11)


Menurut Wabup, penyelenggaraan MQK sebagai ajang kompetisi para santri pondok pesantren dalam membaca, menterjemahkan dan memahami kitab-kitab kuning tentu dapat kita lihat hasilnya disini. Akan tetapi, bagaimana muamalah keilmuan agama Islam dalam mempengaruhi kehidupan kemasyarakatan juga perlu diperhatikan.


"Fenomena sosial seperti radikalisasi, kebiasaan saling mencaci di media sosial yang berujung pada perpecahan antar sesama muslim bahkan antar ulama belakangan ini memberikan isyarat bahwa pemahaman umat muslim terhadap Al-Quran masih perlu ditingkatkan lagi. Agama Islam sebagai rahmatan lil alamin seharusnya mampu menjadi tenda besar bagi umat Islam kita yang majemuk. Dan anugerah kemajemukan tersebut perlu diwadahi dalam forum-forum silaturahmi seperti MQK ini," katanya


Umi mengatakan, tantangan MQK yang sesungguhnya, bagaimana nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran tersebut harus terus digali, dipahami dan diamalkan sebagai muamalah untuk membimbing masyarakat kita menjadi masyarakat yang berperilaku jujur, santun, dan disiplin serta menyadarkan umat untuk berpikir optimis dan melakukan kerja-kerja produktif demi kemajuan Bangsa Indonesia dan mencapai kehidupan yang lebih bermakna. "Inilah kesempatan kita memperbaharui niat, niat beribadah kepada Allah SWT, karena yang di-musabaqah-kan ini adalah kalam Allah," ungkapnya


Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kanwil Kemenag Jawa Tengah Solikhin mengemukakan, ajang MQK tidak sekadar lomba membaca kitab kuning, tapi juga merupakan ajang untuk mengkaji agama Islam dari sumber-sumber atau literatur yang berbahasa Arab.


"Dalam MQK, dilombakan 21 cabang/majelis untuk tingkat ula, wustha, dan ulya. Lebih kurang ada 1.300 kafilah dalam ajang MKQ tersebut. Mereka terdiri atas para santri dan ofisial dari Kemenag," ujarnya


Adapun, pembukaan MQK juga dihadiri sejumlah pejabat dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompinda), pejabat Pemprov dan Pemkab, tokoh ulama, serta perwakilan organisasi masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Jawa Tengah tersebut berlangsung pada Senin (28/11) - Rabu (30/11). (s@n)

 

Berita Pilihan

Pemkab Berikan Bansos Kepada 1000 Imam Rawatib dan 7.970 Guru TPQ/Madrasah Dinniyah

SLAWI - Bertempat di Pendopo Amagkurat, Pemkab Tegal melalui Bupati Tegal, Enthus Susmono, memberikan bantuan kepada 1.000 imam rawatib dan 7.970 guru TPQ dan Madrasah Dinniyah se Kabupaten Tegal kemarin (11/7). Acara pemberian bantuan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tegal nomor 177/2017 tanggal 31 Januari 2017 tentang belanja hibah dan bansos tahun 2017 yang berasal dari APBD Kabupaten Tegal tahun 2017.

BUPATI TEGAL BUKA TMMD SENGKUYUNG TAHAP II DI CAWITALI

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono membuka secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2017 di wilayah Kabupaten Tegal, Selasa (4/7). Kegiatan dipusatkan di Desa Cawitali Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Gelar Halal Bi Halal dan Sidak Ke Disdukcapil

SLAWI - Hari pertama masuk kerja, Senin (3/7) kemarin, setelah libur Lebaran, jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Tegal mulai menggelar apel pagi dilanjutkan dengan halal bi halal di lapangan halaman  belakang Setda. Setelah bersilaturrahmi dengan seluruh Pegawai Pemkab Tegal, Bupati melaksanakan inspeksi mendadak di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Bupati Enthus Rotasi 2 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono, kembali melantik 2 (dua) Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau setara Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal di Ruang Rapat Nusantara Gd. Amartha Lt. 2 Setda Kab. Tegal, Kamis (15/6). Dua pejabat tersebut adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Tim Keamanan Pangan Kab. Tegal Temukan Bakso Mengandung Boraks

LEBAKSIU - Tim Sistem Keamanan Pangan Terpadu (SKPT)  Kabupaten Tegal kembali melakukan inspeksi untuk mencegah beredarnya makanan yang berbahaya agar tidak di konsumsi oleh masyarakat. Rabu (14/6) Tim SKPT melakukan pemeriksaan keamanan pangan di Pasar Tradisional Lebaksiu.

Berita lain

Tanggal berita : 2017-07-21 09:35:31

SLAWI - Sebanyak 494 Mahasiswa Universitas Pancasakti (UPS) Tegal akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya Tahun 2017 di Empat Kecamatan di Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-21 09:28:09

Lebaksiu - Turnamaen sepakbola KEPALA DESA CUP desa Yamansari Kecamatan Lebaksiu yang digelar dari tanggal 8 - 20 Juli 2017 telah berlangsung sukses dan aman. Turnamen yang berlangsung di lapangan desa Yamansari diikuti sebanyak 13 klub yang ada di desa Yamansari.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-21 08:14:17

SLAWI - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah menghimbau kepada calon haji Kabupaten Tegal, selama masa tunggu keberangkatan agar menjaga kesehatan dan staminanya. Hal itu diungkapkan Umi Azizah saat membuka manasik haji di Masjid Agung Kabupaten Tegal pada Senin (17/7) lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-21 08:12:12

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk bisa mengajukan bantuan mobil operasional pemadam kebakaran (Damkar) kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal itu lantaran kebutuhan mobil pemadam kebakaran cukup mendesak, sementara anggaran Pemkab Tegal untuk pengadaan mobil tersebut terbatas.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-20 15:04:52

Usai laporkan hasil kunjungan kerjanya bersama Kepala Staf Kepresidenan RI Teten Masduki hari Senin (17/7) di TPI Larangan, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja menyampaikan salam dan apresiasi dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kepada Bupati Tegal Enthus Susmono karena dukungannya thd kebijakan Pemerintah yg melarang penggunaan jaring cantrang sbg alat penangkapan ikan (API). Demikian informasi ini terungkap saat Enthus mendapatkan pesan singkat dari Sjarief hari Rabu (19/7) sore kemarin.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-20 15:03:23

SLAWI - Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal dokter Widodo Joko Mulyono, M.Kes, MM menerima Mahasiswa KKN Tematik IPB Tahun 2017, Senin (17/07/2017) bertempat di Gedung Dadali Cinema Komplek Pemda Kabupaten Tegal. Turut mendampingi Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal, Ir. Suharmanto serta Dosen Pendamping IPB.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-19 14:39:55

SLAWI - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal kehilangan salah seorang tokoh Pramuka yang selama ini menjadi anutan. Kak Prawoto Siswo Yuwono (66) meninggal dunia pada Minggu (16/7) pukul 22.05 karena sakit.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-19 08:45:17

Kramat - Hasil kesepakatan nelayan dengan staf kepresidenan di Istana negara memutuskan Kapal dengan jaring cantrang diatas 30 gross ton masih diperbolehkan sampai dengan  akhir desember 2017, sambil menunggu hasil uji petik staf kepresidenan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan di lapangan, salah satunya hari ini.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-18 15:45:23

SLAWI - Puluhan anggota Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal dibekali kemampuan dasar menyelam / Scuba Diving, Sabtu (15/7) di kolam renang Bangun Tirta GOR Trisanja Slawi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-07-18 14:32:38

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan sosialisasi Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik Nomor 11 tahun 2008 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 kepada pelajar di SMKN 1 Adiwerna dan SMK NU Al Yaman Lebaksiu saat Masa Orientasi Sekolah (MOS) atau Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (PLSSB) di kedua sekolah tersebut, Senin (17/7) kemarin.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.350 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.350 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 12.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 28.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.700 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Senin, 12 Juni 2017