♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

PHRI Mitra Pembangunan Kepariwisataan Daerah

2016-11-16 16:21:25


KET FOTO - Bupati Tegal, Enthus Susmono membuka Muskercab PHRI Kabupaten Tegal, Selasa (15/11) di Permata Inn Hotel Slawi.


SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono berkesempatan membuka Musyawarah Kerja Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Tegal, Selasa (15/11) di Permata Inn Hotel Slawi. Hadir dalam kesempatan itu, DPRD Kabupaten Tegal, Ketua BPD PHRI Provinsi Jawa Tengah, Asisten Administrasi Pembangunan Sekda, Kepala Dinas Pariwisata, anggota PHRI dan sejumlah undangan lain.


Dalam sambutannya, Bupati Entus Susmono menyambut baik penyelenggaraan Muskercab PHRI, karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan kepariwisata Kabupaten Tegal. Dimana PHRI sebagai asosiasi non-profit yang memfokuskan kegiatannya untuk pengembangan dan pertumbuhan sektor-sektor penting industri pariwisata. "Dan tentu kita semua mengetahui, selama bertahun-tahun PHRI telah tumbuh sebagai mitra penting yang dekat dengan pemerintah dan sektor swasta terkait lainnya, menyajikan aspirasi serta tantangan kepariwisataan kepada pemerintah sehingga tercipta kebijakan yang terstruktur sesuai dengan kebutuhan riil penguatan daya saing industri kita," katanya


Dikatakan, pembangunan kepariwisataan dan ekonomi kreatif diperlukan untuk mendorong pemerataan kesempatan berusaha dan memperoleh manfaat serta mampu menghadapi tantangan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Bagaimana kini banyak bermunculan kota-kota dan kabupaten di Indonesia yang dikenal luas di kalangan publik bukan karena prestasi pemerintah daerahnya, akan tetapi karena daya tarik wisatanya yang di-manage dan dipasarkan dengan baik serta didukung sarana akomodasinya yang memadai.


"Saya menyadari, kondisi kepariwisataan di Kabupaten Tegal belum berkembang optimal sesuai dengan potensi kekayaan alam dan budaya yang kita miliki. Keterbatasan infrastruktur dan sumberdaya manusia kreatif menjadi salah satu kendalanya. Namun kami tidak tinggal diam dengan itu, kami terus berupaya menggandeng semua pihak untuk ikut serta terlibat, salah satunya komunitas film untuk menggarap dokumentasi pemasaran destinasi wisata Kabupaten Tegal. Adapun disisi pemerintahan, kami terus berupaya menginventarisasi dan menata kembali kepariwisataan daerah serta termasuk memperkuat partisipasi masyarakat local," papar Bupati


Bupati juga mengapresiasi gerakan pemberdayaan yang dilakukan oleh relawan-relawan muda yang mau datang bahkan tinggal di lingkungan masyarakat Desa Semedo untuk mengurai berbagai permasalahan dan friksi sosial sebagai upaya menyiapkan masyarakat Semedo yang sadar wisata, dan itu mereka lakukan tanpa dukungan dan fasilitasi anggaran pemerintah. "Semuanya bergerak untuk satu kepentingan, yaitu masyarakat Semedo yang guyub dan sejahtera dengan adanya Museum Situs Semedo. Alhamdulillah, kini sudah terbentuk Pokdarwis dan sebagian warganya siap membuka pintu rumahnya sebagai homestay wisatawan situs Semedo, sebuah prestasi membanggakan pula bagi kami," tandasnya


Lebih lanjut dikatakan, sejalan dengan visi pemerintahan EnthusUmi, maka pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Tegal lebih ditekankan pada penyelenggaraan pariwisata yang berbasis kemasyarakatan sebagai penggerak berkelanjutan kepariwisataan daerah. Untuk itu, kami terus berupaya merangkul dan memberikan pemahaman kepada para pelaku industri pariwisata terkait perannya dalam menguatkan citra kepariwisataan daerah. "Upaya kami merazia pasangan mesum di villa-villa dan wisma milik warga juga termasuk bagian dari upaya Pemkab. Tegal membebaskan Guci dari citra negative," ungkap Enthus.


Enthus menambahkan, seiring dengan semakin kompleksnya persaingan industri antar daerah bahkan antar negara, peran konstruktif BPC PHRI Kabupaten Tegal sebagai mitra strategis Pemda sangatlah diperlukan guna mendukung pencapaian program pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tegal.


"Pemerintah Kabupaten Tegal sangat terbuka dan senang menerima pemikiran serta masukan. Untuk itu saya persilahkan BPC PHRI Kabupaten Tegal, baik diminta ataupun tidak diminta, dapat mengungkapkan saran-kritikannya kepada kami. Hal ini penting agar arah kebijakan pembangunan kepariwisataan Kabupaten Tegal senantiasa seiring sejalan dengan trend kepariwisataan global," imbuhnya. (s@n)

 

Berita Pilihan

Satuan Tugas Saber Pungli Dikukuhkan

SLAWI - Satgas Saber Pungli atau Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli Kabupaten Tegal resmi dikukuhkan Bupati Tegal, Enthus Susmono, Senin (16/1) di halaman Pengadilan Negeri Slawi. Pengukuhan disaksikan oleh jajaran Forkompimda, Sekda dan para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tegal

Pendaki Mancanegara Kagumi Guci

BUMIJAWA - Jumlah pendaki Gunung Slamet dari luar negeri atau mancanegara yang melewati jalur pendakian Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, kian banyak. Pada akhir pekan kemarin, sebanyak delapan pendaki dari Jepang juga naik ke puncak lewat jalur wisata tersebut.

Sambangi Tegal, Gubernur Mengajar SMK dan Beri Arahan Kepala SKPD

SLAWI - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, SH melakukan kunjungan di Kabupaten Tegal, Rabu (4/1) belum lama ini. Kunjungan diawali dengan menyambangi SMK N 1 Bumijawa untuk mengajar dihadapan siswa SMK setempat.

OPD Baru, Bupati Kukuhkan Ratusan Pejabat Pemkab Tegal

SLAWI - Menutup akhir tahun 2016 dan menjelang berlakunya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru per Januari 2017, Bupati Tegal Enthus Susmono melantik dan mengambil sumpah 919 pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas atau setara eselon 2, 3 dan 4 di lingkungan Pemkab Tegal, Sabtu (31/12) di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal.

Sosialisai Tax Amnesti, Wabup Ajak Pejabat Laporkan Harta Kekayaan

SLAWI - Kebijakan pengampunan pajak atau amnesti ini bukan hanya untuk kalangan konglomerat saja, atau mereka-mereka yang simpan uangnya di luar negeri. Akan tetapi ini mencakup seluruh wajib pajak. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah saat Sosialisasi Kebijakan Pengampunan Pajak / Tax Amnesti bagi Pejabat Daerah dan Forkompimda Kabupaten Tegal, Rabu (7/12) di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal.

Berita lain

Tanggal berita : 2017-01-18 14:12:49

SLAWI - Satgas Saber Pungli atau Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli Kabupaten Tegal resmi dikukuhkan Bupati Tegal, Enthus Susmono, Senin (16/1) di halaman Pengadilan Negeri Slawi. Pengukuhan disaksikan oleh jajaran Forkompimda, Sekda dan para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tegal

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-18 11:59:02

BUMIJAWA - Jumlah pendaki Gunung Slamet dari luar negeri atau mancanegara yang melewati jalur pendakian Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, kian banyak. Pada akhir pekan kemarin, sebanyak delapan pendaki dari Jepang juga naik ke puncak lewat jalur wisata tersebut.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-16 14:45:06

SLAWI - Kecelakaan laut yang menimpa dua nelayan asal Desa Surodadi Kecamatan Suradadi yakni Muhammad Rasmin (40) dan Urip Supriyanto (23) menjadi perhatian serius Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan untuk mengikutsertakan nelayan pada Program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN)

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-16 14:43:13

BOJONG - Pasca berlakunya OPD baru, Unit Pemadam Kebakaran berada dibawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal. Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, Satpol PP telah meresmikan Pembukaan Pos Pemadam Kebakaran baru di wilayah selatan. Pos Damkar berlokasi di jalur wisata Guci tepatnya di sebelah utara Polsek Bojong di Desa Buniwah Kecamatan Bojong.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-12 15:40:41

SLAWI - Pasca terjadinya sejumlah bencana melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tegal, direspon oleh Pemkab Tegal melalui Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) dengan menyalurkan bantuan kepada keluarga korban terdampak. Diantaranya ibu Seger dan Ibu Satinem warga Desa Kalisapu RT 5 RW 01 yang rumahnya rusak akibat longsor.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-10 15:57:03

SLAWI - Ratusan Pramuka yang tergabung dalam Saka Bakti Husada dan Ubaloka Kwarcab Tegal melakukan kampanye bahaya dan cara mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) kepada masyarakat Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi. Kampanye dilakukan dengan cara longmarch yang mengambir start dari halaman Masjid Al Asrof Kalisapu, Minggu (8/1).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-10 15:54:59

BOJONG - Peningkatan kualitas Pembina Pramuka, sangat erat kaitannya dengan peningkatan mutu kegiatan peserta didik, yaitu terselenggaranya kegiatan peserta didik yang bermutu yang disajikan oleh pembina pramuka yang bermutu pula. Oleh karena itu, Kwarran Bojong mengadakan Gelang Ajar Pembina Pramuka sebagai salah satu usaha yang sangat strategis untuk kembali memperbaharui/Upgrading kualitas Pembina Pramuka.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-10 10:51:28

SLAWI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal mengirimkan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak akibat longsor di Desa Kalisapu Rt 05 Rw 01 Kecamatan Slawi, Sabtu (7/1) kemarin.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-10 10:49:28

SLAWI - Sebanyak tiga rumah warga RT 5 RW 1 Desa Kalisapu dan 1 rumah di Kelurahan Slawi Kulon rusak akibat tebing sungai longsor tergerus air luapan sungai. Longsornya tebing sungai di pinggir tiga rumah warga itu terjadi saat air sungai kalisapu di jalan lele tersebut meluap, karena hujan deras pada Jumat (6/1) pukul 20.00 WIB.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-01-10 10:47:45

SLAWI - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, SH melakukan kunjungan di Kabupaten Tegal, Rabu (4/1) belum lama ini. Kunjungan diawali dengan menyambangi SMK N 1 Bumijawa untuk mengajar dihadapan siswa SMK setempat.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.000 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 8.500 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 13.000 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 25.500 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Januari 2017