♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Wabup : MUI Tenda Besar Yang Menaungi Islam

2016-11-14 15:17:35


KET FOTO - Wabup, Dra Umi Azizah membuka Musyawarah Daerah ke-9 MUI Kab. Tegal tahun 2016


KRAMAT - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah mengemukakan, Majelis Ulama Indonesia ( MUI) ini adalah sebuah tenda besar bagi umat Islam yang majemuk, baik itu mereka yang tergabung dalam Ormas Islam maupun yang tidak. Dan kemajemukan tersebut perlu diwadahi dalam sebuah forum dialog yang sangat penting artinya bagi tegaknya umat tengahan, Islam Wasatiyyah sebagai sebuah wawasan bahwa umat manusia sebagai hamba ciptaan Allah memiliki kecenderungan untuk mengambil jalan tengah dalam kesadaran manusia.


"Ini sesuai dengan pijakan tema Musda kali ini yaitu "Meneguhkan Peran MUI dalam Mewujudkan Islam yang Moderat dan Rahmatan lil Alamin", kata Wabup Umi saat membuka Musyawarah Daerah ke-9 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tegal, Sabtu (12/11) di Aula Masjid Al-Ukhuwwah Mejasem Barat Kec. Kramat.


Dengan demikian, kata Wabup, MUI bisa berdiri tegak sebagai tenda besar yang menaungi Islam yang menolak ekstrimisme, liberalisme, dan nilai-nilai menyimpang lainnya, penuh kelapangdadaan dalam semangat persaudaraan, kerukunan, gotong royong, dan kesediaan untuk mendukung masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika. Semua demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 sebagai kristalisasi nilai-nilai agama Islam.


"Saya meyakini bahwa umat Islam kita siap menjalankan hidup maju, berzikir berfikir, beramal soleh dalam mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dan makmur, mandiri serta berperadaban tinggi. Disinilah saya berharap MUI Kabupaten Tegal dapat berperan lebih nyata dalam membimbing masyarakat, menyadarkan umat untuk berpikir optimistis dan melakukan kerja-kerja produktif," tandas Umi


Menurut Wabup, kondisi masyarakat kita tengah dilanda krisis jati diri, krisis ideologi, krisis kepemimpinan dan krisis kepercayaan. Masyarakat kita mudah sekali terjebak pada iming-iming keuntungan materi secara instant tanpa harus berusaha, apalagi jika kemudian dalam prakteknya dikemas dengan cara-cara syariah. Tidak usah jauh-jauh seperti kasus Dimas Kanjeng di Jawa Timur, kejadian yang menimpa saudara-saudara kita, jamaah pengajian di Desa Grogol Kecamatan Dukuhturi yang tertipu oleh oknum guru ngaji cukup menjadi pembelajaran berarti bagi kita.


"Hal lain yang juga patut diwaspadai adalah penawaran investasi yang marak berkembang di Kabupaten Tegal oleh sebuah perusahaan investasi yang kini dinyatakan ilegal oleh OJK dan Satgas Waspada Investasi. Dalam menjaring calon nasabahnya, selain menawarkan suku bunga tinggi juga ada bagi hasil keuntungan yang langsung dipotong untuk zakat, dan tentunya ini cukup menarik bagi kalangan umat muslim," imbaunya Melihat fenomena seperti ini, Wakil Bupati berharap MUI dapat memberikan nasihat dan fatwanya sebagai panduan bagi semua pihak dalam mensikapi permasalahan keagamanaan dan kemasyarakatan, karena sudah menyangkut pautkan dengan ajaran agama Islam. Terlebih, seiring dengan semakin kompleksnya masalah berbangsa dan bernegara, peran konstruktif MUI Kabupaten Tegal sebagai penghubung antara ulama dengan umaro dan mitra strategis Pemda juga sangat diperlukan guna mendukung pencapaian program pembangunan daerah.


"Pemerintah Kabupaten Tegal sangat terbuka dan senang menerima pemikiran serta masukan. Untuk itu saya persilahkan MUI Kabupaten Tegal, baik diminta ataupun tidak diminta, dapat mengungkapkan saran-sarannya kepada kami. Hal ini penting agar arah kebijakan pembangunan daerah senantiasa seiring sejalan dengan nilai-nilai keagamaan khususnya nilai-nilai keislaman," kata Umi


Umi menambahkan, perlu diketahui bersama bahwa Pemkab Tegal terus berupaya mewujudkan kondisi lingkungan sosial masyarakat Kabupaten Tegal yang aman, nyaman dan kental dengan nuansa keagamaan. "Upaya kami menutup sejumlah lokalisasi yang dibarengi dengan pemberdayaan eks penghuninya menjadi salah satu aksi nyatanya, termasuk merazia lebih dari 18 pasangan tanpa nikah yang sebagian besar masih ABG di kamar-kamar wisma atau villa milik warga di kawasan obyek wisata Guci beberapa waktu lalu menjadi catatan tersendiri, betapa pergaulan bebas sudah menjadi bagian dari kehidupan remaja kita, anak-anak kita. Dan ini tidak bisa kita diamkan," pungkasnya. (s@n)

 

Berita Pilihan

Ciptakan Kondusifitas Ramadhan, Bupati Keluarkan Himbauan

SLAWI - Guna mendukung terciptanya situasi kondusif, aman dan nyaman dalam pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan tahun 2017, Bupati Tegal Enthus Susmono mengeluarkan Himbauan yang ditegaskan dalam Surat edaran Nomor 451/08/2440 tanggal 22 Mei 2017.

Bupati Resmikan Aplikasi SP2D Online

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono meresmikan sistem Surat Perintah Pencairan Dana Online (SPPiDOL) yang digagas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggandeng Bank Jateng Rabu, (24/5) di halaman kantor Bank Jateng Cabang Slawi.

Pemkab Tegal Resmi Tutup Permanen Lokalisasi Pantura

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal menutup secara permanen lokalisasi prostitusi di wilayah pantura Kabupaten Tegal, Jumat (19/5). Penutupan secara simbolis dipusatkan di lokalisasi Peleman, Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Tegal.

Bupati Tegal Launching SMS Gateway Nomor Antrian Pasien

SLAWI - Guna mempermudah masyarakat yang hendak berobat rawat jalan, RSUD dr. Soeselo  merilis (launching) SMS Gateway untuk pengambilan nomor antrian melalui SMS yang diresmikan secara langsung oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono, Senin 8 Mei 2017 di RSUD dr. Soeselo Slawi.

28 Orang Ikut Operasi Katarak Massal Dalam Rangka Hari Jadi Kab. Tegal ke 416

SLAWI - Sebanyak 28 warga Kabupaten Tegal mengikuti operasi katarak massal gratis, yang diselenggarakan antara oleh Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soeselo Slawi.  Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan dalam rangka HUT Kabupaten Tegal ke 416 yang dibuka secara langsng oleh Bupati Tegal senin, 8 Mei 2017.

Berita lain

Tanggal berita : 2017-05-26 10:00:30

SLAWI - Guna mendukung terciptanya situasi kondusif, aman dan nyaman dalam pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan tahun 2017, Bupati Tegal Enthus Susmono mengeluarkan Himbauan yang ditegaskan dalam Surat edaran Nomor 451/08/2440 tanggal 22 Mei 2017.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-26 09:57:37

MAGELANG - Sukarelawan gabungan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, Kamis (25/5) menyalurkan 150 paket bantuan ke anak sekolah yang terdampak bencana banjir bandang di Desa Sambungrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-26 09:17:33

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono meresmikan sistem Surat Perintah Pencairan Dana Online (SPPiDOL) yang digagas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggandeng Bank Jateng Rabu, (24/5) di halaman kantor Bank Jateng Cabang Slawi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-24 15:07:46

ADIWERNA - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, Senin (23/5) memberikan bantuan kepada Sanuri (75) warga Desa Ujungrusi RT 06 RW 01 Kecamatan Adiwerna yang rumahnya terbakar pada Rabu (17/5) lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-24 15:06:20

DUKUHWARU - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah melakukan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong-royong Masyarakat ( BBGRM ) XV tingkat Kabupaten Tegal, Jumat (19/5) lalu di Lapangan Kecamatan Dukuhwaru. Kegiatan yang sekaligus memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke - 45 dihadiri lebih kurang 200 orang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-23 16:40:57

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal membangun pos pengamanan pasca Penutupan lokalisasi di wilayah pantura Kecamatan Kramat dan Kecamatan Suradadi, Senin (22/5).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-23 14:54:16

SLAWI - Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke - 71, Kepolisian Resor Tegal menggelar kegiatan sosial berupa donor darah di gedung Sasana Sabda Bhayangkara Polres Tegal, Senin (22/5). Aksi donor darah diikuti oleh seluruh anggota Polres Tegal, PNS Polres Tegal, Ibu Bhayangkari Cabang Tegal dan Unsur TNI.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-22 16:46:06

SLAWI - Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang (RSTS dan KPO) Kemensos RI, Dr Sonny W. Manalu,MM mengungkapkan dalam kurun waktu tiga tahun, Kementerian Sosial berhasil mendukung penutupan lokalisasi sebanyak 115 tempat dari 168 lokalisasi yang ada di Indonesia. Dia berharap pada 2019 nanti, indonesia bisa bebas dari prostitusi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-22 16:44:55

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal menutup secara permanen lokalisasi prostitusi di wilayah pantura Kabupaten Tegal, Jumat (19/5). Penutupan secara simbolis dipusatkan di lokalisasi Peleman, Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-05-22 16:43:21

SLAWI - Puncak Peringatan HUT ke - 416 Kabupaten Tegal dimeriahkan dengan gelara Kirab Pataka Pakta Integritas Kabupaten Tegal, Kamis (18/5) kemarin. Rombongan kirab diberangkatkan oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono dari halaman rumah dinas Bupati Tegal sekitar pukul 09.00 Wib menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.850 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.350 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 12.700 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 24.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.200 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Selasa, 16 Mei 2017