♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Wabup : MUI Tenda Besar Yang Menaungi Islam

2016-11-14 15:17:35


KET FOTO - Wabup, Dra Umi Azizah membuka Musyawarah Daerah ke-9 MUI Kab. Tegal tahun 2016


KRAMAT - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah mengemukakan, Majelis Ulama Indonesia ( MUI) ini adalah sebuah tenda besar bagi umat Islam yang majemuk, baik itu mereka yang tergabung dalam Ormas Islam maupun yang tidak. Dan kemajemukan tersebut perlu diwadahi dalam sebuah forum dialog yang sangat penting artinya bagi tegaknya umat tengahan, Islam Wasatiyyah sebagai sebuah wawasan bahwa umat manusia sebagai hamba ciptaan Allah memiliki kecenderungan untuk mengambil jalan tengah dalam kesadaran manusia.


"Ini sesuai dengan pijakan tema Musda kali ini yaitu "Meneguhkan Peran MUI dalam Mewujudkan Islam yang Moderat dan Rahmatan lil Alamin", kata Wabup Umi saat membuka Musyawarah Daerah ke-9 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tegal, Sabtu (12/11) di Aula Masjid Al-Ukhuwwah Mejasem Barat Kec. Kramat.


Dengan demikian, kata Wabup, MUI bisa berdiri tegak sebagai tenda besar yang menaungi Islam yang menolak ekstrimisme, liberalisme, dan nilai-nilai menyimpang lainnya, penuh kelapangdadaan dalam semangat persaudaraan, kerukunan, gotong royong, dan kesediaan untuk mendukung masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika. Semua demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 sebagai kristalisasi nilai-nilai agama Islam.


"Saya meyakini bahwa umat Islam kita siap menjalankan hidup maju, berzikir berfikir, beramal soleh dalam mewujudkan cita-cita masyarakat yang adil dan makmur, mandiri serta berperadaban tinggi. Disinilah saya berharap MUI Kabupaten Tegal dapat berperan lebih nyata dalam membimbing masyarakat, menyadarkan umat untuk berpikir optimistis dan melakukan kerja-kerja produktif," tandas Umi


Menurut Wabup, kondisi masyarakat kita tengah dilanda krisis jati diri, krisis ideologi, krisis kepemimpinan dan krisis kepercayaan. Masyarakat kita mudah sekali terjebak pada iming-iming keuntungan materi secara instant tanpa harus berusaha, apalagi jika kemudian dalam prakteknya dikemas dengan cara-cara syariah. Tidak usah jauh-jauh seperti kasus Dimas Kanjeng di Jawa Timur, kejadian yang menimpa saudara-saudara kita, jamaah pengajian di Desa Grogol Kecamatan Dukuhturi yang tertipu oleh oknum guru ngaji cukup menjadi pembelajaran berarti bagi kita.


"Hal lain yang juga patut diwaspadai adalah penawaran investasi yang marak berkembang di Kabupaten Tegal oleh sebuah perusahaan investasi yang kini dinyatakan ilegal oleh OJK dan Satgas Waspada Investasi. Dalam menjaring calon nasabahnya, selain menawarkan suku bunga tinggi juga ada bagi hasil keuntungan yang langsung dipotong untuk zakat, dan tentunya ini cukup menarik bagi kalangan umat muslim," imbaunya Melihat fenomena seperti ini, Wakil Bupati berharap MUI dapat memberikan nasihat dan fatwanya sebagai panduan bagi semua pihak dalam mensikapi permasalahan keagamanaan dan kemasyarakatan, karena sudah menyangkut pautkan dengan ajaran agama Islam. Terlebih, seiring dengan semakin kompleksnya masalah berbangsa dan bernegara, peran konstruktif MUI Kabupaten Tegal sebagai penghubung antara ulama dengan umaro dan mitra strategis Pemda juga sangat diperlukan guna mendukung pencapaian program pembangunan daerah.


"Pemerintah Kabupaten Tegal sangat terbuka dan senang menerima pemikiran serta masukan. Untuk itu saya persilahkan MUI Kabupaten Tegal, baik diminta ataupun tidak diminta, dapat mengungkapkan saran-sarannya kepada kami. Hal ini penting agar arah kebijakan pembangunan daerah senantiasa seiring sejalan dengan nilai-nilai keagamaan khususnya nilai-nilai keislaman," kata Umi


Umi menambahkan, perlu diketahui bersama bahwa Pemkab Tegal terus berupaya mewujudkan kondisi lingkungan sosial masyarakat Kabupaten Tegal yang aman, nyaman dan kental dengan nuansa keagamaan. "Upaya kami menutup sejumlah lokalisasi yang dibarengi dengan pemberdayaan eks penghuninya menjadi salah satu aksi nyatanya, termasuk merazia lebih dari 18 pasangan tanpa nikah yang sebagian besar masih ABG di kamar-kamar wisma atau villa milik warga di kawasan obyek wisata Guci beberapa waktu lalu menjadi catatan tersendiri, betapa pergaulan bebas sudah menjadi bagian dari kehidupan remaja kita, anak-anak kita. Dan ini tidak bisa kita diamkan," pungkasnya. (s@n)

 

Berita Pilihan

Kejar Target Bagun 11.200 Unit Jamban, Pemkab Gelar Rakor PDPM

SLAWI - Bertempat di Pendopo Amangkurat Pemerintah Kabupaten Tegal, Kamis (23/11), Rapat Koodinasi Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) digelar untuk membangun kesepahaman mengenai target pelaksanaan pembangunan 11.200 unit jamban keluarga sehat senilai Rp. 21,075 miliar selama satu bulan ke depan (Desember 2017). Hadir dalam acara tersebut 394 orang yang terdiri dari Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Sanitarian seluruh Kabupaten Tegal.

KPK Dampingi Penggunaan Aplikasi e-LHKPN di Pemkab Tegal

SLAWI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal mengadakan Rapat Koordinasi Pendampingan Penggunaan Aplikasi Elektronik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara berbasis elektronik (e-LHKPN) bagi wajib LHKPN di Ruang Rapat Nusantara Sekretariat Daerah Kabupaten, Kamis (9/11).

Pilkades Serentak 2017 Kabupaten Tegal Berjalan Aman dan Lancar

Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahap I Tahun 2017 di 48 Desa se Kabupaten Tegal yang diikuti oleh 181 Calon telah dilaksanaan secara serentak pada hari minggu (29/10). Setelah pelaksanaan pencoblosan dan penghitungan surat suara, panitia pilkades setempat diberi waktu maksimal 7 hari untuk  menetapkan hasil Pilkades dan melaporkan ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD). BPD paling lama 7 (tujuh) hari setelah menerima laporan dari panitia tentang hasil pilkades untuk disampaikan kepada Bupati.

Awasi Penggunaan Dana Desa, Pemkab Tegal Teken MoU dengan Polres

SLAWI - Polres Tegal siap mendampingi dalam pencegahan, pengawasan, dan penanganan masalah Dana Desa (DD). Hal itu tertuang dalam kerja sama yang ditandatangani oleh Bupati Tegal, enthus Susmono dengan Kapolres Tegal, AKBP Heru Sutopo, di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis (26/10).

Jelang Pilkades Serentak, 181 Calon Kades Ikuti Deklarasi Damai

SLAWI - Sebanyak 181 Calon Kepala Desa (Kades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahap I Tahun 2017 di  Kabupaten Tegal melakukan deklarasi damai di Pendopo Amangkurat Pemerintah Kabupaten Tegal, Kamis (26/10). Setiap calon kepala desa menandatangani deklarasi tersebut yang dikathui oleh Bupati Tegal, Kapolres Tegal dan Dandim 0712 Tegal.

Berita lain

Tanggal berita : 2017-11-24 08:12:55

SLAWI - Bertempat di Pendopo Amangkurat Pemerintah Kabupaten Tegal, Kamis (23/11), Rapat Koodinasi Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) digelar untuk membangun kesepahaman mengenai target pelaksanaan pembangunan 11.200 unit jamban keluarga sehat senilai Rp. 21,075 miliar selama satu bulan ke depan (Desember 2017). Hadir dalam acara tersebut 394 orang yang terdiri dari Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Sanitarian seluruh Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-22 15:55:22

SLAWI - Aksi Pramuka Peduli Rohingya melalui Gerakan Bumbung Kemanusiaan yang dihimpun Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 33.553.000,-

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-22 15:47:13

Kramat - Wakil Bupati Tegal mencanangkan kesatuan gerak PKK- KKBPK- Kesehatan tingkat tahun 2017 di Desa Mejasem Barat Kecamatan Kramat Rabu (22/11). Hadri dalam acara pencanangan tersebut jajaran Fokompinda Kabupaten Tegal, Kepala Dinas P3A dan P2KB, Kepala Dinas Kesehatan dan Anggota TP PKK Kabupaten Tegal. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-20 16:10:01

SLAWI - Sebanyak 93 Pengawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemkab) Tegal menerima Surat Keputusan (SK) pensiun di Aula Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKD) Kabupaten Tegal, Senin (20/11). PNS yang pensiun pada periode januari sampai dengan maret 2018  terdiri terdiri dari 88 orang pensiun karena mencapai batas usia pensiun (BUP) dan 5 orang pensiun janda PNS.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-20 07:59:18

SLAWI - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang meluncurkan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman (Germas Sapa) di Kabupaten Tegal, Jumat (17/11). Peluncuran tersebut dilaksanakan di Halaman Depan Kantor Pemerintah Kabupaten Tegal yang dihadiri oleh ratusan perserta dari berbagai unsur masyarakat dan pegawai di lingkungan Pemkab Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-20 07:57:00

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal kembali menjaring Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) saat berada di tempat keramaian pada jam kerja, Rabu (15/11). Mereka tidak bisa berkutik saat dipergoki sedang belanja dan jalan-jalan di super market serta tempat keramaian lainnya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-20 07:55:32

SLAWI - Racana Ki Gede Sebayu - RA Giyanti Subalaksana pangkalan Gugusdepan Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara (STAIBN) Tegal menggelar ajang Kompetisi Pramuka Penegak se Kabupaten / Kota Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-09 15:27:27

SLAWI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal mengadakan Rapat Koordinasi Pendampingan Penggunaan Aplikasi Elektronik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara berbasis elektronik (e-LHKPN) bagi wajib LHKPN di Ruang Rapat Nusantara Sekretariat Daerah Kabupaten, Kamis (9/11).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-06 16:53:14

Dalam rangka mendukung kinerja dan tata kelola data Manajemen Pengadaan Barang/Jasa pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara elektronik dan online, Bagian Layanan Pengadaan Setda Kabupaten Tegal mengadakan pelatihan penggunaan Sistem Manajemen Pengadaan Barang/Jasa (SIMPBJ) kepada admin OPD.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-11-06 15:44:57

BUMIJAWA - Bertempat di Lapangan Desa Guci Kecamatan Tegal, Sekda Kab. Tegal, dr. Widodo Joko Mulyono, mengukuhkan Desa Guci sebagai desa siaga bencana Minggu (5/11).  Hadir dalam acara tersebut relawan Taruna Siaga Bencana (TAGANA), relawan Penanggulangan Bencana Jawa Tengah, unsur Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Tegal, Camat Bumijawa dan jajaran Muspika Bumijawa serta masyarakat Desa Guci.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017