♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Oleh  Toto Subandriyo
Kepala DKPP Kab. Tegal
Pengajar pada Program Magister Manajemen STIE Bank BPD Jateng

Sebagai tradisi generik Bangsa Indonesia, ritual Lebaran merupakan  sebuah keajaiban budaya. Dilihat dari skala gerak manusia, tak satu pun ritual budaya di negeri ini yang dapat menyamai masifnya perayaan Lebaran. Mobilitas puluhan juta orang dari tempat yang satu ke tempat lain terjadi secara masif dalam kurun waktu hampir bersamaan. Tak ayal  ketika peristiwa ini datang selalu memicu keras dinamika sosial ekonomi masyarakat.

Detail artikel »

Oleh : Patriawati Narendra, SKM *)

Jika flasback ke tahun 1970 maka sangat asing bagi kita untuk mengenal tentang HIV AIDS. Kasus penyakit yang tak pernah terbayangkan dibenak kita, tak ada obatnya, tak akan bisa sembuh. Namun ternyata kasus tersebut sekarang menjadi primadona dalam ranah pencegahan penyakit infeksi di Indonesia, bagaimana tidak. Jumlah kasus ibu dengan HIV positif menempati posisi pertama mengalahkan kasus HIV pada populasi beresiko WPS (Wanita Pekerja Seks) tentu hal ini sangat mencengangkan, ibu rumah tangga yang tidak berperilaku beresikopun ternyata menjadi peringkat pertama  paling terinfeksi HIV. Sebuah negara akan kuat jika memiliki rakyat yang sehat dan cerdas, tapi bagaimana hal itu bisa terwujud jika fondasi utama sebuah negara rentan terinfeksi,bagaimana dengan generasi penerus bangsaini, sangat ironis sekali .

Detail artikel »

Oleh Toto Subandriyo
Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP)

Menteri Perdagangan telah mengeluarkan Permendag Nomor 27/2017 menggantikan Permendag Nomor 63/2016 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen. Permendag yang baru ini mengeluarkan komoditas cabai, dan memasukkan minyak goreng, daging beku, daging ayam dan telur ayam ras, ke daftar harga acuan. Sehingga komoditas yang diatur menjadi beras, jagung, kedelai, gula, minyak goreng, bawang merah, daging beku, daging sapi segar, daging ayam dan telur ayam ras.

Detail artikel »

Oleh M. Chandra Fighi I. *)

Bagi para programmer / pengembang aplikasi terutama aplikasi berbasis web, tentunya sudah banyak yang mengenal framework Laravel, framework php yang sangat fenomenal, kenapa fenomenal? Karena laravel merupakan framework baru tetapi kualitas dan daya tarik Laravel mampu menarik minat para programmer/pengembang aplikasi web untuk menggunakannya. Beberapa daya tarik dari Laravel adalah library yang lengkap dan dokumentasi yang lengkap juga. Tapi artikel kali ini saya bukan membahas tentang Laravel, tetapi saya akan membahas tentang "sang anak" dari Laravel yaitu Lumen. Apa itu lumen dan apa kegunaannya?

Detail artikel »

Oleh : Afiati Hary Kresnawati *)

Barangkali kita pernah menjumpai kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan teman atau saudara kita tiba-tiba berubah dari semula terdaftar pada fasilitas kesehatan yang sebelumnya menjadi terdaftar sebagai peserta pada fasilitas kesehatan yang berbeda. Tentunya hal itu sangat mengejutkan dan merepotkan peserta jika tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dengan terbitnya Peraturan BPJS Kesehatan Nomer 1 Tahun 2017 tampaknya fenomena tersebut akan lebih banyak terjadi karena BPJS Kesehatan berwacana untuk melaksanakan pemerataan peserta di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Detail artikel »

Oleh Toto Subandriyo
Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kab. Tegal

Usaha peternakan unggas rakyat, utamanya ayam petelur, beberapa bulan terakhir ini dalam kondisi mengkhawatirkan. Kondisinya persis seperti digambarkan dalam peribahasa "bagaikan telur di ujung tanduk", dalam kondisi bahaya dan harus segera diselamatkan. Sudah beberapa bulan harga telur ayam di tingkat peternak di sejumlah daerah di Indonesia terjun bebas hingga mencapai Rp 13.800 per kilogram, jauh dari titik impas (break even point) Rp 16.500-Rp 17.000 per kilogram.

Detail artikel »

Oleh : Agung R. Pamungkas, S.Kom

Di dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, pemanfaatan internet semakin beragam tak terkecuali pada segmen - segmen underground seperti kejahatan dan kegiatan maupun peredaran barang - barang terlarang. dalam dunia internet dikenal sebutan deep web dimana didalamnya terdapat dark web. untuk membahas mengenai deep web, berikut adalah ulasan mengenai deep web.

Detail artikel »

Oleh : Patriawati Narendra, SKM *)

Stress dapat melanda siapa saja, tua, muda, laki-laki ataupun perempuan, stress merupakan beban pikiran yang dapat dialami oleh siapa saja. Stress bermula dari adanya suatu masalah yang belum terpecahkan. Masalah merupakan pemicu utama timbulnya stress dan ketegangan pikiran, oleh karena itu membutuhkan beragam cara penyelesaian masalah agar frekuensi stress bisa berkurang sehingga metabolisme tubuh tidak terganggu. Semua orang yang hidup tentunya mempunyai masalah yang harus dipecahkan dan dicarikan solusi penyelesaiannya, namun apa yang terjadi jika penyelesaian masalah tersebut tidak kunjung datang, penumpukan masalah tanpa diikuti dengan solusi pemecahannya akan berujung pada BT atau istilah kerennya Buntu Total. Bagaimana  respon tubuh terhadap mekanisme stress yang terjadi? Apakah dampak dari ketegangan pikiran dan stress yang tidak terselesaikan? Yuk kita baca secara tuntas..

Detail artikel »

Oleh Toto Subandriyo
Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kab. Tegal
Juga mengajar pada Program Magister Manajemen STIE Bank BPD Jateng

Apa jawabannya jika kepada sidang pembaca diajukan sebuah pertanyaan: siapakah pihak paling diuntungkan dari lonjakan harga komoditas pangan seperti telur ayam, daging ayam, daging sapi, cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah beberapa hari terakhir? Penulis yakin banyak yang  menjawab bahwa peternak/petani yang paling diuntungkan dari kondisi lonjakan harga kelompok bahan pangan bergejolak (volatile food) tersebut.

Detail artikel »

Oleh Toto Subandriyo
Pengamat Ekonomi Lulusan IPB dan Pasca Sarjana UNSOED

Tulisan ini tidak berkisah tentang dongeng pengantar tidur seperti Legenda Bawang Merah dan Bawang Putih yang sangat terkenal dan disukai anak. Tetapi akan mengulas tentang komoditas cabai dan bawang merah yang menjadi kebutuhan pangan pokok masyarakat. Dua komoditas pangan tersebut selama beberapa tahun terakhir telah banyak menyita perhatian para pemangku kepentingan, mulai dari ibu-ibu rumah tangga, pengusaha warteg/warung makan Padang, pejabat kementerian, hingga Istana Presiden.

Detail artikel »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.350 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.350 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 12.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 28.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.700 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Senin, 12 Juni 2017